Jelang Ramadhan, Pasar Ikan Hias Parung Diserbu Pembeli

0

Parung | Jurnal Inspirasi

Jelang Ramadhan 1443 Hijriah, pasar ikan hias Parung, Kecamatan Parung banyak dikunjungi para pembeli dan penghobi ikan hias. Masyarakat yang mencari ikan mengaku untuk mengisi kekosongan menunggu berbuka saat Ramadhan dengan menambahkan jumlah ikan hias untuk akuarium di rumahnya.

Menurut pedagang ikas hias Dimas (28), jelang Ramadhan ini banyak masyarakat yang mencari ikan hias. Hal itu kata dia terlihat dari omset yang dia dapat dari penjualan ikan di lapaknya tersebut. “Sepekan jelang Ramadhan ini banyak juga sih yang cari ikan hias di pasar ikan hias Parung, ada peningkatan penjualan saya mendapatkan omset 70 persen,” kata Dimas, kemarin.

Dimas sendiri menjual ikan Discus dan Cupang. Harga ikan Discus yang berasal dari Amazone itu menurutnya belakangan ini banyak dicari karena ikan tersebut memiliki ciri khas tersendiri dengan warna yang solid.

“Ikan Discus banyak dicari meskipun harganya mahal dua ekor ikan itu  Rp 150 ribu bahkan mencapai Rp 700 ribu,” kata Dimas.

Hal serupa juga diungkapkan Risman, penjual ikan asal Parung itu mengatakan, jelang Ramadhan di lapaknya penjualan meningkat hingga 30 persen. “Ada peningkatan jumlah pembeli ikan di lapak saya jelang Ramadhan ini sekitar 30 persen,” kata Risman.

Sementara Fitri pembeli ikan hias  asal  Ciputat mengaku memilih pasar ikan hias Parung selain komplit, juga harganya terjangkau.

“Disini komplit dan harganya beda jauh dari pasar ikan lainnya, saya sudah sering ke pasar ikan ini. Sekarang cari ikan Belida sama Gapi buat lengkapin akuarium di rumah jelang puasa iseng-iseng sambil liatin ikan,” pungkasnya.

Diketahui pasar ikan hias Parung saat ini sudah ada 400 pedagang dari awalnya hanya 30 lapak. Saat ini juga pasar ikan hias mampu mencapai omset penjualan per harinya Rp 4 miliar dari seluruh pedagang.

** Cepi Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here