Rumdin Puskesmas Curugbitung Telah Disurvei Dinkes

0

Nanggung l Jurnal Bogor

Rumah dinas (rumdin) Puskesmas Curugbitung yang kondisinya sudah rusak telah disurvei Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor. Hal itu dikatakan Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes. “Kondisi sebelumnya telah disurvei bersama Bu Kadis beberapa waktu lalu,” jelas Ani kepada Jurnal Bogor via ponsel selularnya, Selasa (6/4).

Diakuinya, rumdin tersebut memang sudah lama tidak ditempati karena kondisi bangunannya sudah rusak. “Pihak Puskesmas tidak mengusulkan untuk perbaikan rumah dinas tersebut, adapun kalau sangat diperlukan keberadaan rumah dinas itu nanti bisa direncakan untuk perbaikan,” kata Ani.

Ani mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan untuk perencanaan  relokasi gedung Puskesmas Curugbitung. ” 2021 ini pihak Dinkes lebih fokus pada penganggaran pembelian lahannya dan tahun 2022 mendatang, nantinya  untuk progres pembangunannya,” jelasnya.

Idealnya, kata dia, tanah yang akan dibangun gedung Puskesmas Curugbitung minimal 1.500 meter. Menurutnya, ada tiga titik lokasi lahan, salah satu lahan yang akan dipilih untuk  jadikan pembangunan puskesmas Curugbitung. “Adapun pemilihan  lahan tersebut nantinyan akan melibatkan tim yang berkompeten,” terangnya.

Sebelumnya, Sekretaris Desa Curugbitung Dede Taopik mengaku khawatir melihat kondisi bangunan rumah dinas Puskesmas Curugbitung. “Dari segi gedungnya seperti itu hampir roboh, udah gitu tidak ada perbaikan sama sekali,” kata dia.

Lokasi Puskesmas Curugbitung sendiri berdekatan dengan kantor desa. Menurutnya, relokasi gedung Puskesmas berikut bangunan rawat inap sangat dinantikan warga. “Gedung Puskesmas Curugbitung keaadannya sangat kecil dan tidak bisa menampung jumlah pasien banyak. Padahal di puskesmas ini mencakup 4 desa, setiap harinya pasien membeludak. Masyarakat Curugbitung ini sangat membutuhkan fasilitas yang nyaman,” tukasnya.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here