KSR UIKA: Jumlah Pendonor Darah Berkurang di Masa Pandemi

0

Bogor | Jurnal Inspirasi

Korps Relawan (KSR) Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Kota Bogor menyelenggarakan kegiatan donor darah di kampus UIKA pada Rabu (31/3).

Komandan KSR UIKA, Rapika Dea menuturkan, jumlah pendonor darah di masa pandemi berkurang. “Ini disebabkan civitas UIKA yang menjadi target utama kami melangsungkan kegiatan belajar mengajarnya secara daring jadi hanya sedikit dosen dan mahasiswa yang berada di kampus. Ditambah dosen-dosen baru melakukan vaksinasi,” ujar Rapika.

Dia juga menjelaskan persyaratan untuk bisa melakukan donor darah di masa pandemi berbeda dengan keadaan normal. Para calon pendonor diperbolehkan, apabila sebelumnya tidak melakukan vaksinasi dalam 6 bulan terakhir. “Bagi penyintas Covid-19 tanpa gejala diperbolehkan donor setelah 1 bulan dinyatakan negatif, dan yang mengalami gejala diperbolehkan donor setelah 3 bulan dinyatakan negatif,” tambah Rapika.

Prosedur pelaksanaan dilakukan dengan protokol kesehatan secara ketat. Para calon pendonor harus dalam kondisi sehat, memakai masker dan melakukan pengecekan suhu terlebih dahulu. Selanjutnya calon pendonor mengisi formulir dan melakukan pemeriksaan kesehatan. Setelah dinyatakan memenuhi persyaratan, barulah pendonor diambil darahnya.

Rapika menjelaskan, “Donor darah tidak menyebabkan penyebaran virus Covid-19 karena jarum dan alat-alat yang digunakan dari PMI dalam kondisi yang steril kemudian tempat duduknya juga berjarak”.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan KSR UIKA Bogor setiap 3 bulan sekali. Tidak hanya diikuti civitas UIKA, sejumlah masyarakat yang berasal dari luar UIKA pun turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Saya ingin ikut berpartisipasi dan mudah-mudahan bisa bermanfaat. Setelah donor tidak pusing, cuma sedikit lemas aja,” ujar Siti Adhisa, salah satu pendonor. Hasil donor darah akan diserahkan ke PMI Kota Bogor.

** Reka Faturachman [MG/UIK-Jb]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here