26.6 C
Bogor
Thursday, May 2, 2024

Buy now

spot_img

Pemkot Bakal Bangun RSUD Baru di Rancamaya

Bogor | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mewacanakan membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tipe A baru. Fasilitas kesehatan itu bakal dibangun di daerah Rancamaya, Kecamatan Bogor Selatan. Diketahui, pembangunan rumah sakit pelat merah itu bertujuan agar pemerataan layanan kesehatan dapat diealisasikan di Kota Bogor.

Direktur Utama RSUD Kota Bogor, dr. Ilham Chaidir mengatakan bahwa saat ini masyarakat harus didekatkan dengan pelayanan kesehatan. Sehingga diperlukan kehadiran rumah sakit baru, walaupun ini dalam sebatas wacana. Namun, mesti disikapi secara serius.

“Untuk membangun RSUD tipe A baru, ada beberapa syarat. Yakni, kapasitas tempat tidur harus diatas 250 unit tempat tidur. Hal itu diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomer 47 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Perumahsakitan,” ujar Ilham saat ditemui wartawan di Balaikota, Kamis (25/3).

Kata dia, RSUD Kota Bogor sudah bisa menjadi rumah sakit tipe A dengan total kapasitas tempat tidur sebanyak 395 tempat tidur. Namun, masih ada beberapa visi-visi RSUD yang belum terpenuhi, sebelum benar mendapat predikat tipe A.

“Jadi rumah sakit tipe A itu ada rumah sakit tipe A untuk umum, ada rumah sakit tipe A pendidikan. Nah, kayaknya kita ini masuk ke rumah sakit tipe A umum,” jelas Ilham.

Ilham menuturkan bahwa dipilihnya Rancamaya lantaran di kawasan itu, Pemkot memiliki 9 hektar lahan kosong. Sedangkan RSUD saat ini hanya berdiri di atas lahan seluas 3 hektar. “Ada lahan kosong 9 hektar, jadi bisa dibangun lebih bagus lagi,” katanya.

Kata Ilham, saat ini sedang mematangkan perencanaan dan kebijakan. Setelah rampung akan masuk ke dalam proses Feasibility Study (FS), Detail Engineering Design (DED) hingga Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

“Kami tinggal masukkan dalam sisi kebijakan. Masuk dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, red) dan rencana berikutnya. Nanti kan ada Dinas Kesehatan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah itu untuk kebijakan. Kalau kita hanya operasional dan mengelola,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata dia, saat ini RSUD Kota Bogor memiliki fasilitas vetomaternal, pelayanan bedah torax, dan bedah subspesialis. Bahkan, rencananya akan ditambah dengan subspesialis ginjal.

“Kami juga sedang berupaya menjadi rujukan kanker. Karena banyak pasien dari Kabupaten Bogor, Cianjur, Sukabumi, Depok dan Tangerang datang ke RSUD,” tandasnya.

** Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles