29.9 C
Bogor
Sunday, May 19, 2024

Buy now

spot_img

Disdik Tingkatkan Kompetensi Guru PAUD

Megamendung | Jurnal Inspirasi

Di masa pandemi Covid-19 membuat pola pembelajaran bergeser dari semula tatap muka di sekolah, menjadi tatap layar model dalam jaringan (daring). Pembelajaran daring dilaksanakan di semua tingkatan dari mulai PAUD, SD, SMP, SMA/SMK hingga perguruan tinggi.

Kondisi tersebut direspon Dinas Pendidikan (Disdik) dengan mengadakan kegiatan pemerataan kuantitas dan kualitas pendidik serta tenaga kependidikan PAUD melalui peningkatan kompetensi.

 “Selama ini kan kegiatan yang dilaksanakan lebih terfokus pada peningkatan mutu dan sumber daya manusia pengajar ketika dilaksanakan belajar tatap muka. Nah sekarang, bergeser seiring dengan pola ajar daring karena pandemi Covid-19 sehingga pengelola PAUD dilatih membuat pembelajaran melalui aplikasi Google,” ungkap Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD serta Penmas Fachrurozi.

Menurutnya, saat ini pembelajaran model daring hanya dikenal melalui WhatsApp (WA). Selain itu, pendidik belum semua memahami dan mengerti cara membuat pembelajaran melalui aplikasi Google, seperti Google Meet, Google Classroom, membuat konten pembelajaran YouTube yang singkat, dan lainnya.

Sehingga dalam kegiatan ini Disdik Kabupaten Bogor menggandeng Sekolah Vokasi IPB untuk memberikan sekaligus mengajarkan cara membuat media pembelajaran melalui aplikasi Google.

Sementara salah seorang pemateri, David Rizar Nugroho mengatakan, seorang guru harus bisa menyesuaikan usia anak sebelum memberikan pembelajaran. “Dari kapan TIK itu diperkenalkan kepada anak PAUD, itu harus diperhitungkan. Tidak bisa asal disuguhkan,” ujar Dosen Prodi Komunikasi Sekolah Vokasi IPB University ini.

** Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles