31.6 C
Bogor
Friday, May 3, 2024

Buy now

spot_img

Miliki Pemandangan Indah, Gunung Gede Ramai Dikunjungi

Cianjur | Jurnal Inspirasi

Gunung Gede merupakan salah satu gunung yang sangat ramai dikunjungi pendaki dengan jalur yang bersahabat untuk para pendaki pemula. Gunung ini terletak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dengan ketinggian 2.958 Mdpl. Gunung ini menyajikan pemandangan yang sangat indah. Ada sebuah lapangan yang sangat luas di atas gunung yang diberi nama Alun-alun Suryakenca.

Gunung Gede termasuk salah satu gunung di Indonesia yang memiliki pemandangan yang indah. Bahkan hampir di setiap wilayah di Indonesia memiliki gunung yang indah. Di Jawa Timur, Semeru menjadi primadona setiap orang karena keindahannya. Lalu Jawa Tengah dengan berbagai gunung indah seperti, Gunung Slamet, Gunung Sindoro, Gunung, Sumbing, serta Gunung Prau dengan pemandangan sunrise terbaiknya.

Sedangkan di Jawa Barat, Gunung Gede memiliki daya tarik tersendiri. Gunung Gede memiliki 3 jalur pendakian, yaitu jalur Gunung Putri (Kabupaten Cianjur), Cibodas (Kabupaten Cianjur), dan jalur Selabintana yang terletak di Kabupaten Sukabumi. Namun jalur yang sangat ramai untuk pendakian Gunung Gede yaitu Jalur Cibodas dan jalur Gunung putri.

Dua jalur ini yang sering dipakai oleh para pendaki. Untuk pendakian jalur Gunung Putri kita disajikan dengan trek yang menanjak, dari basecamp hingga Alun-alun Suryakencana, dan waktu yang di butuhkan dari basecamp menuju Alun-alun Suryakencana yaitu 6-8 jam (kalau berjalan standar).

Di jalur ini kita tidak akan menemukan jalan yang landai, terkecuali ketika menuju Alun-alun Suryakencana kita akan menemukan jalan yang landai sendikit. Banyak orang bilang, pendakian melalui Gunung Putri sangat melelahkan tetapi terbayar dengan suguhan sebuah lapangan luas dan juga indah yang bernama Alun-alun Suryakencana.

Suryakencana adalah sebuah lapangan luas yang di tumbuhi tanaman Edelweis, dan alun alun ini menjadi tempat untuk mendirikan tenda dan bermalam sebelum esoknya menuju puncak, kadang orang menyebut Alun-alun Suryakencana sebagai pos 5 Gunung Gede via Gunung Putri.

Adapun jalur Cibodas, jalur ini terlatak di Cibodas, Kabupaten Cianjur. Jalur ini pun menjadi salah satu trek ramai lainnya selain jalur Gunung Putri. Menurut pendaki jalur ini sangat jauh, karena untuk sampai menuju puncak Gunung Gede, kita memerluka waktu 11 sampai 12 jam.

Namun dengan lamanya perjalanan, kita tidak perlu khawatir, karena jalur ini menyajikan pemadangan indah, seperti air terjun air panas yang mungkin hanya ada di Gunung gede, serta tanjakan curam yang disebut tanjakan setan. Yang membuat siapapun tidak akan merasa bosen atau bete ketika melintasi jalur ini. Untuk pendakian jalur Cibodas ini, kita tidak akan bertemu Alun-alun Suryakencana, terkecuali ketika kita naik jalur Cibodas, dan pulang lewat jalur Gunung Putri, kita akan bertemu dengan Alun-alun Suryakencana.

Sudah menjadi tujuan para pendaki ketika menaiki gunung Gede, kita harus mencoba bermalam di Alun alun Suryakencana dengan keindahan malam serta bunga Edelweis yang tumbuh subur disini dan bercengkrama bersama kawan di tengah dinginnya Gunung Gede.

** Aldi Herlanda [Mg/UNP-Jb]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles