Cegah Paparan Ideologi Selain Pancasila, Anton Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ke Generasi Muda

0
H. Anton Sukartono Suratto saat memberikan penjelasan 4 Pilar Kebangsaan.

Cibinong | Jurnal Inspirasi

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) yang juga sekaligus sebagai Sekretaris Fraksi Partai Demokrat Majlis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI H. Anton Sukartono Suratto kembali mengingatkan generasi muda agar bisa membentengi diri dari potensi paparan ideologi selain Pancasila, apalagi ideologi yang mengarah ke radikalisme. Potensi tersebut menurutnya tetap ada dan wajib diantisipasi khususnya di perubahan era digital yang berkembang sangat cepat.

Hal itu diungkapkan Anton saat melaksanakan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Selasa (26/1). Apalagi sebagai pemuda yang menjadi unsur masyarakat yang vokal dan idealis, menurut Anton, penting bagi mereka memiliki ideologi Pancasila yang mapan.

“Sebagai kader bangsa berideologi, mahasiswa jangan sampai jadi aktivis yang rapuh tanpa ideologi kuat sebagai dasarnya,” ujar pria yang akrab disapa Kang Anton.

Dia mengatakan, pada tahap ini tentu akan lebih baik melakukan pencegahan dibanding mengobati orang-orang yang sudah terpapar ideologi yang tidak sesuai Pancasila.

Sementara acara sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan kali ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama pukul 09:00 wib di ikuti Kader Milenial Partai Demokrat Kecamatan Cileungsi, berlangsung di Lapangan Indoor Demokrat Sport Center, DPC Partai Demokrat Kabupaten Bogor, Jl Tegar Beriman, Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cubinong.

Pengetahuan terkait makna, filosofi dan pentingnya Empat Pilar Kebangsaan yaitu Pilar Pancasila, Pilar Undang-Undang Dasar 1945, Pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pilar Bhinneka Tunggal Ika disampaikan politisi senior Partai Demokrat asal Bogor ini. Acara tersebut digelar tetap mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dengan menjaga jarak dan peserta dibatasi hanya 30 orang.

** Gita Purnama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here