Pemkot Akan Refocusing Anggaran Lagi, Ini Kata Bima

0
Bima Arya

Bogor | Jurnal Inspirasi

Refocusing anggaran triwulan kedua kembali direncanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Kendati demikian, Wali Kota Bima Arya menginginkan agar refocusing yang bakal dipakai untuk penanganan Covid-19 tak mengganggu pembangunan.

Hal itu lantaran pada refocusing kali ini hanya menyasar beberapa OPD atau tidak secara menyeluruh seperti tahun sebelumnya. “Kita berkeinginan agar pembangunan tetap jalan. Jadi mudah-mudahan refocusing terbatas untuk alokasi vaksin serta PPKM,” ujar Bima kepada wartawan, Senin (1/3).

Bima menegaskan bahwa refocusing anggaran harus dilakukan hati-hati agar tak berdampak juga pada perekonomian. Namun, Pemkot Bogor akan tetal menyiapkan anggaran bansos. “Harus dilihat dampak ekonomi. Jadi saat ada kebutuhan untuk bansos, harus dianggarkan. Menurut saya masih terbuka dan masih dipelajari,” imbuhnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah Kota Bogor, Syarifah Sofiah Dwikorawati menjelaskan, tidak semua OPD akan mengalami refocusing anggaran. “OPD yang akan kena refocusing anggaran hanya dinas yang bersentuhan langsung dengan program penanganan Covid-19. Seperti program vaksinasi, PPKM dan Ganjil-Genap.

“Nggak banyak instansinya. Dinkes, Satpol-PP, kelurahan dan lainnya,” tegasnya. Ia menambahkan, refocussing tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Lantaran tidak ada pergeseran atau pemotongan anggaran dari OPD kedalam satu anggaran khusus.

** Fredy Kristianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here