33.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Aqua Dwipayana: Komunikasi Senjata Utama Prajurit

Bogor | Jurnal Inspirasi

Komunikasi adalah senjata utama prajurit. Demikian yang disampaikan Dr. Aqua Dwipayana saat mengisi kegiatan sharing komunikasi dan motivasi di aula Kodim 0606/Kota Bogor Jl. Jendral Sudirman No. 33, Lelurahan Pabaton, Bogor Tengah, Kota Bogor. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan komunikasi prajurit dan PNS Kodim 0606/Kota Bogor dalam mendukung pelaksanaan tugas.

“Karena selalu berhubungan dengan masyarakat. Senjata utama prajurit adalah komunikasi. Tadi saya sampaikan bagaimana kekuatan komunikasi dan saya tegaskan juga tidak ada satu persoalan dimuka bumi ini yang tidak bisa diselesaikan dengan komunikasi. Dengan kata lain komunikasi itu adalah solusi,” jelas Aqua pada wartawan, Senin (1/3/21).

Kegiatan ini berlangsung pada pukul 10.00-12.07 WIB yang diikuti oleh 50 orang yang terdiri dari Dandim 0606, Kasdim 0606, para Perwira Staf Kodim 0606, para Danramil Kodim 0606, Personil Kodim 0606, ibu-ibu Persit Kodim 0606.

Saat mengisi kegiatan tersebut Aqua menjelaskan cara agar silaturrahim atau komunikasi tetap berjalan diantaranya Audible (dapat didengar atau dipahami dengan baik), Empathy (selalu merasakan apa yang dirasakan orang lain), Respect (menghormati orang lain), clarity (gunakan kalimat sederhana secara terbuka), humble (rendah hati dan tidak sombong), dan Action dan Consistency (melaksanakan aksi nyata dan selalu konsisten).

Selain itu, Aqua juga menyampaikan kunci agar hidup bahagia yaitu dengan jalani, nikmati, syukuri, dan ikhlas. Katanya lagi bahagia itu adalah berbagi, apresiasi, hadapi, ambil, gunakan, ikhlas, dan abadikan.

Serka Didin Saepuloh peserta pada kegiatan tersebut menyampaikan ilmu yang dia dapatkan saat kegiatan yakni komunikasi. “Terutama komunikasi dengan keluarga,” ujar Didin.

**Eliyani [MG/UIK-Jb]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles