Home Potret Desa Sampah Warga Desa Cileungsi Berserakan di Jalan Citapen-Ciderum

Sampah Warga Desa Cileungsi Berserakan di Jalan Citapen-Ciderum

Ciawi | Jurnal Inspirasi

Banyaknya sampah berserakan di Jalan Ciderum-Citapen, persisnya di antara perbatasan antara Desa Ciderum, Kecamatan Caringin dengan Desa Cileungsi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, dikeluhkan para pengguna jalan.

Bahur, warga Desa Ciderum mengatakan, sampah-sampah yang ada di ruas jalan alternatif itu, terbawa air yang berasal dari selokan warga Kampung Ciherang Gede, Desa Cileungsi.  “Karena selokannya kecil, jadi saat hujan deras tidak bisa menampung luapan air. Makanya sampah-sampah yang dibuang warga itu berserakan di jalan,” ungkapnya kepada wartawan.

Selain sampah plastik bekas rumah tangga yang berserakan, lanjutnya, ditemukan juga beberapa tumpukan sampah yang sudah terbungkus kantung plastik dan juga karung di pinggir jalan. “Ada tiga sampah yang sudah dibungkus kantong plastik warna hitam, dan satu karung sampah,” ujar Bahur.

Menurutnya, sampah yang ada di jalan ini, pastinya akan sampai ke wilayah bawah, yakni ke Kampung Ciderum. Pasalnya, aliran selokan dan juga kali yang berasal dari Daerah Irigasi (DI) Cikamar, bermuara ke kampung di Desa Ciderum untuk memenuhi kebutuhan air para petani. “Biasanya sampah-sampah ini berserakan di Ciderum, karena hilir dari kali dan selokan disini,” papar Bahur.

Diketahui banyak sampah berserakan di lokasi perbatasan desa dan kecamatan ini, Bahur mengaku akan melaporkan ke pengurus, mulai RT dan RW di Kampung Ciderum agar ditindaklanjuti temuan sampah-sampah tersebut.  “Biar ada tindakan dan larangan buang sampah sembarangan dari para pengurus di wilayah Desa Cileungsi kepada warganya,” imbuhnya.

Sementara, Sekretaris Desa Cileungsi, Andi Rustandi mengakui sampah-sampah itu berasal dari selokan warga Kampung Ciherang Gede. Andi berjanji akan segera mensosialisasikan kepada warganya untuk tidak membuang sampah ke lokasi selokan atau kali dari DI Cikamar. Karena, selokan maupun kali ini hilirnya berada di Kampung Ciderum.

 “Secepatnya akan kita berikan pemahaman dan larangan kepada warga agar tidak membuang sampah ke lokasi aliran air lagi,” tukasnya.

** Dede Suhendar

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version