31.4 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

Duit Besar Mengalir ke Desa, Proyek Samisade Diawasi

Ciampea | Jurnal Inspirasi

Petugas Kementerian Desa di  Kecamatan Ciampea mengimbau para kepala desa berhati-hati dalam menggunakan anggaran satu desa satu miliar (Samisade). Pasalnya anggaran yang akan dilauching pada pertengahan Februari 2021 ini cukup besar dan harus jelas. Apalagi anggaran tersebut dikhususkan untuk pembangunan infrastruktur dan juga diawasi langsung kejaksaan.

“Harus berhati – hati menggunakan uang Samisade pembangunan yang dikhususkan untuk infrastruktur itu harus jelas titiknya, volumenya harus jelas, sehingga tidak ada penyalahgunaan anggaran tersebut,” kata Sopian Sauri.

Apalagi kata Sopian, meskipun sudah ada aturannya dalam Perbub, dan diawasi langsung oleh kejaksaaan, namun secara rinci payung hukumnya belum jelas. “Karena saat ini banyak kepala desa yang salah menentukan titik pembangunan jalan yang harusnya kewenangan UPT Jalan ini malah desa yang bangun, hal ini jangan sampai ada masalah dikemudian hari,” kata Sopian.

Lebih lanjut ia mengatakan, proyek Samisade juga perlu diketahui oleh kepala desa dikerjakan  secara swakelolakan atau pihak ketiga yang mengerjakan. “Sementara ini untuk rata-rata dapat Kecamatan Ciampea  13 desa semua dapat meksipun ada yang  500 juta, 800 juta dan ada juga yang 1 miliar tergantung pengajuan,” pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles