30.6 C
Bogor
Tuesday, April 30, 2024

Buy now

spot_img

Imbas Liburan, Positif Covid-19 Meroket

Pemkot Pastikan Perpanjang PPKM

Bogor | Jurnal Inspirasi

Jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Bogor terus meroket. Pasalnya, dalam beberapa hari terakhir angkanya mencapai ratusan per harinya. Seperti diketahui, berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) pada Selasa (19/1) tambahan angka kasus positif melonjak hingga 120 orang.

Wali Kota Bima Arya mengatakan bahwa melonjaknya kasus positif Covid-19 diakibatkan beberapa sebab. Di antaranya adalah lonjakan karena liburan. “Seperti penambahan 120 itu karena ada rombongan kegiatan keagamaan dari luar kota. Makanya kita tekankan betul, kurangi mobilitas. Ini sudah jelas bahwa lonjakan ini terjadi karena mobilitas,” ungkap Bima kepada wartawan, Kamis (21/1).

Selain itu, terbatasnya kapasitas rumah sakit, sehingga warga yang terjangkit corona lebih memilih isolasi di rumah, dan akhirnya menulari anggota keluarga lainnya. “Makanya kami terus membubarkan kerumunan mengurangi mobilitas, menambah tempat tidur di rumah sakit,” katanya.

Upaya lainnya, kata Bima, Pemkot Bogor telah membangun RS Lapangan dengan kapasitas 68 tempat tidur. “Kami juga akan menjadikan salah satu hotel untuk isolasi Orang Tanpa Gejala (OTG). Jadi kita perkuat disitu supaya yang gejala ringan tidak bertambah berat,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim menuturkan bila Kota Bogor akan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sesuai instruksi pemerintah pusat. “Kami akan sesuaikan dengan arahan pusat,” tegasnya.

Menurutnya, Pemkot Bogor sudah melakukan evaluasi mingguan mengenai PPKM. Termasuk soal antisipasi dan kebijakan untuk menekan angka Covid-19 di Kota Bogor yang  mengalami lonjakan.

Dedie menyatakan bahwa perpanjang PPKM di Kota Bogor, tidak akan terlalu berpengaruh terhadap aturan dan kebijakan yang diterapkan. “Penerapan 75 persen kegiatan perkantoran hingga jam operasional pusat perbelanjaan, rumah makan hingga kafe hanya sampai pukul 19:00 WIB dengan batas kapasitas 25 persen,” ungkapnya.

** Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles