31.6 C
Bogor
Thursday, May 16, 2024

Buy now

spot_img

Kades Cibeber I Ajak Warganya Bebersih Sungai

Leuwiliang | Jurnal Inspirasi

Banyaknya sampah  di aliran Sungai Ciliwung dan Cibeber mengundang banyak pihak untuk  peduli, termasuk Kepala Desa Cibeber I Wanti Susiawati. Kades mengajak warganya menjaga  kebersihan sungai dengan gotong royong bebersih sungai diawali dari kampung Cadas Ngampar sampai Gunung Tangkil sepanjang 5 km. Dalam kegiatan tersebut Kades menembar ikan mas dan nila dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Ini merupakan pogram desa mengajak warga bebersih  Sungai Cibeber dan Ciliwung  dengan cara membersihkan sampah dan diangkat ke daratan mulai dari sampai  dedaunan, plastik dan juga membabat rumput liar di sekitar sungai agar air mengalir lancar,” kata Wanti Susiawati, Minggu (17/1).

Pada kegiatan itu, selain membabat rumput liar juga membabat pohon bambu yang menghambat aliran sungai agar tidak terjadi banjir mengingat saat ini cuaca di Bogor sering terjadi hujan. Tak hanya itu, Kades Cibeber I juga mengajak warga untuk menjaga sepanjang aliran air sungai tetap bersih dan membiasakan buang sampah pada tempatnya yang sudah disiapkan tidak buang sampai di sungai.

“Kami mengajak warga agar jangan sampai mengambil ikan dengan racun serta  menebar bibit ikan mas dan nila agar suatu saat di sepanjang sungai banyak ikan dan menambah asri  Sungai Ciliwung sampai Cibeber,” pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles