27.2 C
Bogor
Monday, April 29, 2024

Buy now

spot_img

Melalui Samisade, Pemdes Ciderum Akan Bangun Dua Jalan

Caringin | Jurnal Inspirasi

Kondisi jalan tanah yang selama ini kerap dikeluhkan warga Ciderum saat membawa hasil pertanian, tahun ini dipastikan dibangun. Sebab, melalui program Satu Miliar Satu Desa (Samisade), Pemerintah Desa (Pemdes) Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, sudah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan jalan desa tersebut.

Kepala Desa Ciderum, Asep Hudri mengatakan, keberadaan jalan yang berada di RT 04 RW 09 di Kampung Ciderum, memang sering dilalui warga. Dan saat ini, kondisinya masih tanah. “Makanya saya prioritaskan jalan itu dibangun dari anggaran Samisade,” ujarnya kepada wartawan.

Menurutnya, ruas jalan yang akan dibangun panjang sekitar 500 meter dan lebar 2,5 meter. Dan jalan tersebut menjadi akses utama warga Ciderum maupun warga Kampung Bojongnyocok. “Jalan yang akan dibangun menghubungkan dua wilayah antara Desa Ciderum Kecamatan Caringin dan Desa Citapen Kecamatan Ciawi,” jelas Akep, sapaan akrab Kades Ciderum.

Selain ruas jalan itu, lanjut Akep, jalan desa yang menghubungkan Kampung Dukuh dan Kampung Ciderum pun menjadi skala prioritas pembangunan diprogram Bupati Bogor tahun ini. “Untuk jalan dua kampung ini memang panjang. Jadi program Samisade saya alokasikan membangun dua jalan yang ada di wilayah RW 09 dan RW 06,” paparnya.

Akep berharap dengan dibangunnya dua jalan kampung yang terintegrasi dengan desa lain itu, bisa memperlancar mobilitas warga terutama para petani di Desa Ciderum. “Kalau jalannya bagus, mobilisasi jadi lancar. Dan saya berharap perekonomian warga meningkat,” ungkapnya.

Sementara, Ketua RW 09 Dede Boris mengakui jika bantuan Samisade yang di programkan Bupati Bogor, sangat membantu desa untuk membangun wilayah. “Pastinya warga juga terbantu,” imbuhnya.

Dede berharap, Bupati Bogor dalam hal ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, terus memberikan bantuan kepada desa sesuai dengan program Panca Karsa.  “Bukan hanya bantuan untuk pembangunan infrastruktur saja, tapi bantuan lainnya juga harus bisa dirasakan warga terutama penguatan ekonomi,” tukasnya.

** Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles