Home News Sungai Cileungsi Kembali Tercemar, Achmad Fathoni Minta DLH Lebih Serius Menangani

Sungai Cileungsi Kembali Tercemar, Achmad Fathoni Minta DLH Lebih Serius Menangani

Cileungsi | Jurnal Inspirasi

Kondisi Sungai Cileungsi yang berada di dua kecamatan yakni Gunung Putri dan Cileungsi, Kabupaten Bogor memprihatinkan. Warga sekitar jalur jembatan Cikuda dan Kota Wisata pun merespon kondisi sungai tersebut. Bahkan tak sedikit yang melaporkan hal tersebut kepada petinggi daerah, termasuk salah satunya ke wakil rakyat yaitu Achmad Fathoni, anggota DPRD Kabupaten Bogor di Komisi 3 dari Fraksi PKS.

Dalam laman Facebooknya, Achmad Fathoni juga mengunggah sebuah video yang menunjukkan kondisi air Cileungsi jauh dari kata bersih. Justru berbau, kotor, dan berbusa. Kuat dugaan sungai tersebut terindikasi limbah pabrik dan bahan kimia yang menimbulkan busa putih pada permukaannya.

Achmad Fathoni berharap Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk bersikap lebih tegas dan serius dalam melakukan pemantauan.  “Intinya, saya ingin DLH lebih serius, tegas, dan melibatkan masyarakat dalam pengawasan,” demikian keterangan tertulisnya kepada Jurnal Bogor, Kamis (7/1).

“Dan saya siap membantu dalam hal budgeting, controlling serta pelibatan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara Kadis DLH Asnan saat dikonfirmasi mengatakan, dirinya sudah menyusuri sungai Cileungsi dan mengambil sempel untuk mengetahui asal indikasi bahan kimia yang mencemari sungai.

Sejak 2019 lalu, Sungaui Cileungsi sudah dilaporkan tercemar, berbau, dan berwarna hitam. Bupati Bogor Ade Yasin, beserta anggota BPBD Kabupaten Bogor ikut turun menyisir sungai itu. DLH juga menindak tegas warga serta pabrik yang membuang limbah ke sungai, hingga tercatat beberapa perusahaan terbukti membuang limbahnya tanpa proses ke aliran Sungai Cileungsi.

** Nay Nur’ain

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version