Resolusi Sederhana dan Anti Muluk-muluk Tahun 2021

0

Bogor | jurnal inspirasi

Seperti tradisi tahun – tahun sebelumnya, menyambut awal tahun 2021 biasanya setiap orang yang mempunyai resolusi untuk kehidupannya dan juga berusaha mewujudkannya di tahun baru. Tetapi tidak sedikit ditutup dengan resolusi yang belum bisa dicapai di 2020.

Tak cuma itu, berbagai uraian soal resolusi dan rencana di 2021 pun mulai kembali disusun. Jadikan resolusi sisa tahun lalu yang masih dilanjutkan di tahun depan sebagai pelajaran berharga, yaitu, jangan membuat resolusi yang terlalu muluk.

Berbagai rencana dan resolusi kecil yang sederhana untuk kehidupan yang lebih baik juga bisa dijadikan resolusi yang bermanfaat. Resolusi sederhana dan tidak muluk-muluk yang bisa jadi inspirasi dan juga tidak lagi hanya sekedar pepesan kosong.

  1. Detox medsos

Jaringan pertemanan di dunia maya sering lebih dihidupi dan menyita waktu daripada di dunia nyata. Menonaktifkan atau bahkan memutus sambungan aplikasi di ponsel tampaknya bakal jadi langkah ekstrem. Baiknya puasa dan beri waktu untuk kehidupan nyata misal saat akhir pekan. Berkumpul dengan teman atau keluarga, melakukan hobi atau sekadar jalan-jalan mencari inspirasi tentu akan menyenangkan. 

  • Menjaga makanan

Hidup memang cuma sekali, oleh karenanya asupan nutrisi buat tubuh perlu betul-betul diperhatikan. Hal kecil seperti makan lagi setelah makan malam perlu dikurangi sebab asupan kalori terlalu banyak di malam hari malah bisa mengganggu kualitas tidur.

  • Olahraga

Resolusi muluk-muluk untuk olahraga seminggu tiga kali kerap hanya jadi rencana. Sempatkan minimal dalam seminggu untuk berolahraga sekali. Kalaupun itu sulit minimal kita bergerak supaya otot otot tetap terjaga

  • Kontrol emosi

Emosi negatif seperti marah memang ada. Jangan ditahan, tapi Juga harus bisa dikendalikan. Kamu bisa pasang alarm untuk sekedar mengingatkan hal – hal yang patut di syukuri hari ini. Mulai dari hal – hal kecil hingga sesuatu hal yang besar.

  • Go Green

Meminimalisir barang sekalu pakai adalah resolusi mini tapi bisa dilatih dan bisa di wujudkan ditahun 2021 ialah mengurangi penggunaan barang sekali pakai. Misalnya dengan membawa dan menggunakan tas belanja , botol minum sendiri dan semua perlengkapan sendiri.

  • Menghemat keuangan

Menghemat lebih banyak uang merupakan salah satu resolusi tahun baru yang akan berguna untuk masa depan. Sisihkan berapapun uang dari gaji atau uang jajan harian. Biar semangat menabung, tentukan tujuan kamu menabung. Misalnya untuk membeli barang mahal yang kamu mau atau untuk pergi berlibur ke luar negri.

  • Fokus

Multitasking ternyata tidak membuat seseorang lebih cepat melakukan suatu, tetapi justru membuat kamu stres. Jika fokus kamu terpecah, mungkin akan merasa cemas karna pekerjaan baru akan muncul ketika yang lama belum selesai. Sebaliknya jika kamu mengatur aktivitas kamu dan berkomitmen untuk fokus, semuanya akan selesai sesuai harapan.

** Naning Nuralia [ MG/UIK-Jb]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here