33.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Paguyuban Kades: Ibu Kota Bogor Barat Ideal di Leuwiliang

Leuwiliang l Jurnal Inspirasi

Pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Bogor Barat  hingga kini masih menjadi perbincangan hangat mulai dari masyarakat biasa hingga kalangan akademisi.

Oon Saonah

Namun  sebelumnya sebagian pihak telah mencetuskan kantor Ibu kota Bogor Barat yakni di Cigudeg dan Rumpin. Namun Ketua Paguyuban Kepala Desa Se- Kecamatan Leuwiliang, Oon Saonah  berpendapat bahwa usulan adanya DOB sudah hampir 20 tahun dan sudah saatnya ada DOB.  Pihaknya bersama Kepala Desa Se Kecamatan Leuwiliang sangat mendukung adanya DOB Bogor Barat dengan Ibu Kotanya di Leuwiliang.

“Jika DOB Kabupaten Bogor Barat jadi.  Ibu kotanya yang ideal berada di tengah yakni Kecamatan Leuwiliang,” kata Oon Saonas kepada wartawan, kemarin

Ia berharap Pemerintah Pusat merealisasikan  pemekaran DOB Kabupaten Bogor Barat. Saonah yang merupakan Kepala Desa Karacak,  Kecamatan Leuwiliang mengatakan, penentuan ibu kota harus ditentukan sesuai titik orbitasi atau titik tengah. Jika melihat kondisi Bogor Barat, titik orbitasinya yakni Kecamatan Leuwiliang.

Apalagi Kecamatan Leuwiliang sudah memiliki RSUD, terminal, pasar tradisional, universitas dan tinggal didukung infrastruktur jalan yang memadai. “Kita sempat ngoborol bareng 14 Ketua Paguyuban Kepala Desa yang ada di Bogor Barat. Intinya, sangat mendukung terealisasi DOB Kabupaten Bogor Barat,” ungkapnya.

Sebelumnya, Sekda Kabupaten Bogor, Burhanuddin mengatakan, penentuan ibu kota harus ditentukan sesuai titik orbitasi dan sepenuhnya kewenangan pemerintah pusat. Meskipun usulan DOB itu merupakan aspirasi masyarakat. ”Kalau wilayah pemekaran itu aspirasi masyarakat, tapi kalau sudah menentukan ibu kota, bobotnya di pemerintah yang harus punya kewenangan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, sejak awal rencana ibu kota Kabupaten Bogor Barat diusulkan para tokoh masyarakat yakni di Kecamatan Cigudeg, Leuwiliang dan Dramaga. Hingga akhirnya melihat luas lahan dan segi lainnya, sepakat ibu kota Bogor Barat di Kecamatan Cigudeg.

Karena kondisi Kecamatan Cigudeg dari letak geografisnya rawan longsor, akhirnya muncul usulan dari masyarakat Rumpin agar ibu kota Kabupaten Bogor Barat di Rumpin. Selain itu, bupati juga merespons baik, jika ibu kotanya di Rumpin. Pemda pun tak sembarangan dalam menentukan titik ibu kota. Harus ada kajian dari akademisi untuk mengkaji titik mana saja yang layak sudah diusulkan menjadi ibu kota.

”Intinya, ibu kota Kabupaten Bogor bisa di Kecamatan Rumpin atau di Leuwiliang. Sebab, Kecamatan Leuwiliang urutan pertama saat awal penentuan titik ibu kota. Selain itu, Kecamatan Leuwiliang tempatnya strategis, sehingga berpeluang menjadi ibu kota,” ungkap Sekda.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles