TKSK Ciawi Salurkan Bantuan Kursi Roda

0

Ciawi | Jurnal Inspirasi

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor, melalui Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Ciawi, menyalurkan bantuan kursi roda untuk warga berkebutuhan khusus.

TKSK Ciawi, Yoyoh Yohana mengatakan, bantuan kursi roda sebanyak tiga unit ini, untuk warga yang ada di tiga desa, yakni Desa Pandansari, Banjarsari dan Desa Citapen.

 “Kursi roda ini untuk anak berkebutuhan khusus di tiga desa tersebut,” ujarnya kepada wartawan saat serah terima bantuan kursi roda yang diterima Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Ciawi.

Menurutnya, ada beberapa item bantuan yang diberikan Dinsos maupun Kementerian Sosial (Kemensos) dalam menangani persoalan masyarakat, terutama orang berkebutuhan khusus, lansia dan Orang Dalam Gangguan Jiwa (OGDJ).

 “Bantuan itu mulai dari alat bantu dengar, tongkat segi tiga maupun kaki palsu,” ungkapnya.

Untuk bantuan OGDJ yang sudah sembuh, lanjut Yoyoh, TKSK akan mengajukan bantuan UEP (Uniex Exs Psikotik), bantuan berupa uang sebesar 2,8 juta ke Dinsos.

 “Alhamdulillah tahun 2018 sebanyak 18 orang yang dulu OGDJ mendapatkan UEP, untuk modal usaha,” jelasnya.

Di Kecamatan Ciawi yang tersebar di 13 desa, ada sekitar 24 anak berkebutuhan khusus yang sudah terdaftar dan dilaporkan ke Dinsos.

 “Bulan lalu kita salurkan empat bantuan kursi roda untuk warga di Kecamatan Ciawi,” papar Yoyoh.

Adapun untuk tim pendamping sosial yang tergabung didalam TKSK, sambung Yoyoh, ada beberapa tim seperti, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) bertugas sebagai pendamping untuk OGDJ.

 “Termasuk tim pendamping untuk warga berkebutuhan khusus dan lansia itu sudah terbentuk di Kecamatan Ciawi,” imbuhnya.

Sementara Kepala Desa (Kades) Banjarsari, Misbah mengapresiasi kinerja TKSK Ciawi yang sudah banyak membantu masyarakat di bidang sosial, yakni terhadap warga yang berkebutuhan khusus.

 “Bantuan kursi roda ini sangat bermanfaat untuk warga kami yang memang berkebutuhan khusus,” tukasnya.

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here