29.4 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Program Karya Bhakti TNI Usai, Dandim: Penggali di Hambalang Bukan Tanggungjawab Kami

Babakan Madang | Jurnal Inspirasi

Program Karya Bhakti Skala Besar TNI Kodim 0621 telah rampung Jumat (20/11) lalu. Disebutkan sebelumnya, terdapat penggali yang diduga ilegal yang ikut mendompleng program TNI yang turut diketahui oleh aparat desa setempat.

Dandim 0621 Kabupaten Bogor mengatakan, programnya hanya sepanjang jalur jalan saja dengan panjang 1,1 KM dan untuk armadanya pun dibuat khas agar mudah dikenali. Sedangkan adanya penggali swasta yang ikut mendompleng itu diluar kewenangannya dan bukan tanggung jawabnya.

“Program kami telah usai Jumat lalu dan penggali di bukit Hambalang diluar tanggung jawab kami,” jelas Dandim 0621 Kabupaten Bogor Sukur Hermanto kepada Jurnal Bogor.

Terpisah, Kades Kadumanggu saat memberikan penjelasan mengatakan, tidak ada pihak swasta yang melakukan koordinasi dengannya dan pihak desanya pun tidak pernah didatangi oleh penggali dari pihak swasta.

“Miskom saat itu di Desa Hambalang hanya dengan Pasiter dan Kades Hambalang namun bukan membahas perihal keberadaan penggali swasta tapi membahas program Karya Bhakti Skala Besar TNI,” pungkas Adi Wijaya.

Salah satu warga Nurdin mengatakan, program TNI sudah usai dan hanya tinggal penggali swasta yang kata dia sudah diberikan izin oleh Pemda. “Diatas ada 2 penggali lagi satu punya Kades Hambalang dan satunya punya swasta katanya sih sudah diketahui oleh Pemda, kalo program TNI sudah usai, namun yang kita sayangkan belum ada koordinasi dengan masyarakat maka waktu itu jalan kita portal karena informasi yang beredar mereka akan beroperasional pada siang hari yang jelas menggangu aktivitas warga dan berbahaya,” jelas Nurdin.

Belum ada klarifikasi dari Kades Hambalang yang disebut sebagai penanggung jawan penggali swasta di bukit Hambalang hingga berita ini diturunkan.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles