Perekonomian Puncak Mulai Bergeliat

0

Cisarua | Jurnal Inspirasi

Seiring dengan dilonggarkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar oleh pemerintahan pusat, roda perekonomian masyarakat yang ada di wilayah Puncak, Cisarua dan Megamendung terlihat mulai ada peningkatan. Ini seiring dengan mulai masuknya warga DKI dan luar kota lainnya melakukan kegiatan di wilayah pariwisata ini. Dua pasar tradisional yang ada di dua Kecamatan, Cisarua dan Megamendung kini kembali dipadati oleh para pengunjung.

Begitu juga, untuk tempat-tempat pariwisata mulai didatangi para wisatawan lokal. Dengan demikian, roda perekonomian yang selama pandemi ini terpuruk, dengan perlahan mengalami pergerakan. “Mulai ada pembeli bagi pedagang kecil seperti saya ini. Sebelumnya, dagangan kami tidak laku dan tidak jarang kami memakannya sendiri dan keluarga di rumah,” ujar Suherman, pedagang asongan di jalur Puncak.

Kembali didatanginya wilayah Puncak oleh para wisatawan, juga sangat dirasakan manfaatnya oleh para petani. Buah pisang yang selama ini dimakan sendiri, kini mereka bisa menjajakannya kembali di tepi jalan atau kembali dijual ke tengkulak. “Bosan selama pandemi memakan pisang atau singkong. Sudah satu pekan ini, pisang dan singkong bisa saya jual dan ada yang membelinya. Mudah-mudahan pandemi ini cepat selesai,” kata Engkos.

Dilain pihak, untuk menunjang kembali normalnya perekonomian masyarakat, Pemkab Bogor melalui pemenang tendernya kini juga tengah menggeber mengoptimalkan ruas jalan Cikopo Selatan. Badan jalan kiri dan kanannya  dilebarkan masing masing 1 meter.  “Majunya sektor ekonomi masyarakat harus ditunjang oleh infrastruktur yang layak. Dengan  demikian, untuk mengantisipasi terjadinya pelonjakan pengunjung ke kawasan Puncak, ruas jalan Cikopo Selatan kini dioptimalkan. Dan kegiatan pembangunannya sedang berjalan,” pungkas Kepala PUPR Unit Wilayah Ciawi, Eko Sulistianto.

** Dadang S.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here