26.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Perumda BPR Kota Bogor Sosialisasi, Literasi dan Edukasi UMKM

Bogor | Jurnal Inspirasi

Dalam rangka meningkatkan literasi keuangan terhadap UMKM di Kota Bogor, BPR Bank Kota Bogor bersama Yayasan Pendiidikan Mata Pena selaku pendamping UMKM, rekomendasi Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor melakukan literasi dan  intermediasi dengan UMKM Kota Bogor di Kampus IBI Kesatuan, Jalan Rangga Gading Bogor, Rabu (21/10). Upaya ini mewujudkan UMKM yang mandiri, tangguh, dan kredible.

Dalam press release yang diterima Jurnal Bogor, Kamis (22/10), pelaksanaan literasi dan intermediasi ini merupakan bentuk dari kegiatan CSR Perumda BPR Bank Kota Bogor dan sebagai upaya membantu pemerintah dalam menggerakkan roda perekonomian daerah disaat pandemi melanda saat ini khususnya di sektor usaha  mikro, kecil, dan menengah melalui literasi keuangan . Selain itu juga diharapkan dengan bantuan CSR berupa sertifikat PIRT untuk UMKM tersebut bisa meningkatkan Legalitas serta daya jual produk UMKM di Kota Bogor.

Perumda  BPR Bank Kota Bogor menyadari bahwa permasalahan utama yang dihadapi oleh UMKM di Kota Bogor dalam pengembangan dan inovasi usahanya adalah kurangnya pemahakan untuk mendapatkan Perizinan Sertifikat Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) dan Pemahaman terhadap akses permodalan khususnya dalam menjalin kerjasama permodalan dengan Perbankan.

Dalam Sosialisasi, Literasi, dan Edukasi yang dilakukan oleh Perumda BPR Bank Kota Bogor tersebut , Bank Kota Bogor memberikan bantuan berupa CSR untuk pembuatan Sertfikat  Perizinan Sertifikat Produk Industri Rumah Tangga (PIRT).

Selain itu juga dakukan edukasi tentang produk-produk yang ada di Bank Kota Bogor seperti  fitur kredit modal kerja, fitur tabungan dan konsep kerjasama yang ditawarkan, dengan tujuan agar UMKM peserta Literasi dan Intermediasi selain mendapatkan sertfikat PIRT juga dapat menjadi mitra usaha dengan Benak Kota Bogor.

Antusiasme peserta sosialisasi intermediasi yang dilakukan oleh Perumda BPR Bank Kota Bogor cukup tinggi.  Peserta yang hadir pada saat itu berjumlah sekitar 26 orang. Proses literasi dan edukasi yang dilaksanakan berjalan dengan lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan duduk berjarak (Physical Distancing).

Perumda BPR Bank Kota Bogor mengharapkan agar agenda sosialisasi ini bisa secara rutin dileksanakan melalui Dinas Koperasi dan UMKM serta bisa menyerap sebanyak mungkin Koperasi dan UMKM di Kota Bogor menjadi mitra usaha dari Perumda BPR BankKota Bogor.

Pada acara tersebut, setiap peserta sosialisasi menandatangani hak dan kewajiban yang telah disepakati dengan Perumda BPR Bank Kota Bogor yaitu:

Hak
Menerima Bantuan CSR dalam bentuk Sertifikat PIRT, sesuai ketentuan dan persyaratan yang berlaku pada saat sosialisasi oleh pendamping. Mendapatkan pendampingan dari pendamping yang telah ditunjuk oleh PD. BPR Bank Kota Bogor. Dapat mengajukan pinjaman kredit apabila memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Kewajiban
Membuka rekening tabungan di Bank Kota Bogor. Melaporkan hasil usaha setiap bulannya.

** Aprillia Purwanti [Humas & CSR]/Prast

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles