29.9 C
Bogor
Thursday, March 28, 2024

Buy now

spot_img

Komisi II: Pansel Tirta Pakuan Harus Obyektif

Bogor | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan membentuk panitia seleksi (pansel) jabatan direksi Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor. Tim ini akan bekerja untuk menerima pendaftaran para calon direksi diantaranya untuk jabatan Direktur Utama (Dirut), Direktur Umum (Dirum) dan Direktur Teknik (Dirtek). Setelah itu, Pansel akan melakukan pengujian dan tes terhadap para calon direksi yang telah lolos seleksi administrasi.

Wakil Ketua DPRD Kota Bogor yang juga koordinator Komisi II, Eka Wardhana mengatakan, ketika Pemkot Bogor membentuk tim pansel dan nanti menyiapkan Pansel, maka pihak pansel harus berisikan orang-orang yang berkompeten, berintegritas, memiliki keilmuan sesuai bidangnya. Jangan ada anggota pansel yang merupakan titipan pihak mana pun.

“Jadi, pansel harus berisikan orang orang tepat, berintegritas dan memiliki kemampuan untuk menguji para calon direksi. Perumda Tirta Pakuan ini adalah perusahaan daerah terbaik, pansel yang nanti disiapkan Pemkot juga harus benar-benar orang terbaik,” ujar Eka kepada wartawan, Kamis (22/10).

Menurut Eka, utamanya profesionalisme dan obyektif dalam melakukan seleksi kepada para calon direksi. Secara mendalam, para calon direksi harus dilihat track record, kemampuan dan keahliannya. Karena menjadi direksi di perusahaan pelat merah itu harus mampu dalam meningkatkan PAD maupun meningkatkan pelayanan.

“Para direksi terpilih nanti harus mampu dalam meningkatkan PAD dan pelayanannya. Kemajuan dan prestasi yang sudah diraih juga harus dipertahankan dan ditingkatkan,” katanya.

Eka mengapresiasi keberhasilan dan prestasi kinerja para direksi Perumda Tirta Pakuan saat ini. Walaupun secara aturan Perda bisa dilakukan perpanjangan, tetapi Pemkot Bogor akhirnya menggunakan seleksi dalam memilih direksi.

“Direksi yang saat ini sangat baik dan bagus, karena mampu memajukan Perumda Tirta Pakuan. Tetapi Pemkot Bogor akhirnya membuka pansel, itu untuk menerima masukan-masukan publik bagi para calon direksi mendatang. DPRD berharap proses seleksi melibatkan semua pihak, agar aspirasi publik bisa terakomodir,” tandasnya.

Sementara, Walikota Bogor Bima Arya mengatakan, pembentukan tim pansel sedang disiapkan dan formasinya masih disiapkan oleh Bagian Perekonomin Setda Kota Bogor. “Sedang di proses untuk tim pansel dan formasinya juga masih disiapkan, agar tepat waktu,” katanya.

Sebelumnya, masa jabatan direksi di Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor yang sekarang dijabat oleh Deni Surya Senjaya (Dirut), Rino Indira G (Dirum) serta Syaban Maulana (Dirtek) akan habis. Dalam mempersiapkan penggantinya, Pemkot Bogor pun dalam waktu dekat akan mempersiapkan tim seleksi untuk menentukan Pansel direksi Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor tersebut.

Hal ini diakui oleh Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim usai melakukan kunjungan ke PT Nutrifood, di kawasan Tajur, Rabu (21/10). “Waktunya sudah mepet, karena sebentar lagi bulan November. Kita tengah siapkan tim seleksi untuk membentuk pansel direksi Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor,” tegas Dedie, kemarin.

Dedie mengimbau, agar timsel ini bisa memilih serta membentuk pansel. Nanti, pansel itu terdiri dari tokoh atau orang-orang yang memiliki kapasitas di bidangnya masing-masing, seperti rektor atau orang dari kementerian dan unsur lainnya,” tukasnya.

** Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles