Cegah Penularan Covid-19, Pedagang dan Pengunjung Pasar Cigudeg Rapid Test

0

Cigudeg l Jurnal Inspirasi
Ratusan  pedagang dan pengunjung Pasar Tohaga Cigudeg menjalani rapid dan swab test, Kamis (15/7). Kegiatan ini untuk mencegah penularan Covid-19. “Respon masyarakat  baik pengunjung pasar maupun para pedagang yang ikut menjalani rapid dan swab test terbilang cukup antusias,” kata Camat Cigudeg, Acep Sajidin kepada wartawan, kemarin.

“Kegiatan ini melibatkan pihak Satgas Covid-19 tingkat Kabupaten Bogor dan pihak Puskesmas serta Muspika Cigudeg. Kami sebagai tuan rumah atau Ketua Satgas Covid-19 tingkat Kecamatan Cigudeg tentu memfasilitasi agar kegiatan ini bisa berjalan dengan baik”.

“Kemarin informasi dari kabupatennya mendadak, tetapi langsung  kita sosialisasikan meski  waktunya sangat sempit. Untuk peserta rapid test sekitar 300 untuk  swab test ini sekitar 150 peserta,” tuturnya.

Menurutnya, kegiatan ini adalah upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khususnya di klaster pasar yang biasa tempat berkumpul dan berkerumun para  pedagang dan pembeli. “Yang  mana di klaster pasar ini sangat susah untuk menerapkan protokol kesehatan,” tukasnya.

Setelah menjalani rapid test, Acep  berharap yang mengikuti rapid atau swab test hasilnya non reaktif sehingga Kecamatan Cigudeg yang sekarang masih di Zona Kuning. “Mudah-mudahan bisa bertahan sampai Covid berakhir,” harapnya.

Selain di Pasar Cigudeg, rapid dan swab test juga masih akan dilaksanakan  di pasar tradisional pada pekan depan yakni di Pasar Tohaga Jasinga.

Ditempat yang sama, Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bogor, Dr Dedy Syarif yang merupakan  Kepala Bidang Pencegahan  dan Pengendalian Penyakit (P2P dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, mengatakan, pada prinsipnya Bupati menginstruksikan pasar yang ada di kabupaten bogor itu hampir 30 pasar dan beberapa pasar yang memang diidentifikasi secara berkala. “Sesuai kondisi saat ini, secara bertahap  kita akan melakukan rapid test di setiap pasar-pasar tradisional yang ada di Kabupaten Bogor,” ujar Dedy.

Menurut Dedy, karena memang pandemi saat ini  tidak bisa dipastikan kapan akan berakhir, namun yang pasti kata dia, PSBB parsial atau proporsional saat ini melakukan pelacakan dan rapid test. “Sudah 10 pasar tradisional telah dilaksanakannya kegiatan rapid test. Hal ini Ibu Bupati memerintahkan kita  sebagai gugus tugas untuk melakukan pemeriksaan dan bergerak ke pasar-pasar yang ada di wilayah kabupaten Bogor,” pungkasnya.

Kepala unit PD Pasar Tohaga Cigudeg, Wawan menyambut baik kegiatan rapid tes yang berlangsung  di area pasar. “Kami juga melakukan sosialisasi protokoler di lingkungan pasar dengan menyampaikan melalui surat edaran dan pengeras suara yang tentu saja sudah kami lakukan,” kata dia.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here