28.2 C
Bogor
Wednesday, April 24, 2024

Buy now

spot_img

Ruangan Sempit, Puskesmas Curugbitung Bakal Direlokasi

Nanggung l Jurnal Inspirasi
Ruangan di Puskesmas Desa Curugbitung, Kecamatan Nanggung tidak cukup menerima pasien dalam jumlah banyak. Selain ruang antre pasien sempit, juga tidak ada tempat khusus untuk parkir kendaraan.

Kepala Puskesmas Curugbitung dr Yulianto memaparkan, bangunan puskesmas yang hanya berukuran 100 meter persegi, melayani  masyarakat di empat desa, diantaranya Desa Curugbitung, Malasari, Cusarua serta masyarakat Desa Bantarkaret.

“Dengan ruangan yang sangat sempit apalagi saat pasien ramai terpaksa harus berdesak-desakan,” kata  dr Yulianto saat ditemui Jurnal Bogor, Senin (13/7).

Ia menerangkan, dengan ruangan puskesmas yang sangat sempit ditambah minimnya fasilitas, jadi pertimbangan untuk relokasi. “Bayangkan dari satu ruangan saja, itu biasa digunakan untuk kantor dan itupun harus nyampur dengan pekerjaan bagian TU, admin dan bagian bendahara. Ditambah satu ruangan dijadikan dua tempat, yakni tempat Balai Pengobatan  dengan pelayanan IGD,” tuturnya.

Dr Yulianto yang menjabat sebagai kepala Puskesmas di Curugbutung sejak tahun 2014, sudah mengajukan ke Pemkab Bogor untuk relokasi bangunan puskesmas yang lebih layak. Menurutnya, seharusnya lokasi bangunan puskesmas tersebut idealnya di kampung Situhiang yang arealnya masih di wilayah Desa Curugbitung. ” Tidak ada pilihan lain, bahwa lokasi pembangunan puskesmas tersebut tepat di kampung Situhiang dan itu berada ditengah tengah dan bisa bisa diakses semua desa,” urainya.

Sementara lokasi tanah yang bakal dijadikan gedung puskesmas sudah disurvei Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bogor dengan Kecamatan Nangggung bahwa proses awal rencana pembelian lahannya pada 2001 dan pembangunannya bakal dikerjakan pada tahun 2002 menempati lahan seluas 3000 meter. “Mudah mudahan saja tidak ada hambatan dan  bisa terlaksana dengan baik,” harapnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles