25.8 C
Bogor
Thursday, May 2, 2024

Buy now

spot_img

Jalasenastri Bakti Sosial dan Tes Kesehatan di HUT ke-74

Cileungsi | Jurnal Inspirasi
Organisasi para istri Perwira Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut atau yang akrab disebut Jalasenastri, memperingati HUTnya dengan berbagi sembako kepada masyarakat di 3 titik lokasi kecamatan di Kabupaten Bogor, Rabu (8/7). Rombongan pengurus pusat Jalasenastri yang dipimpin oleh Veronica Yodomargono sebagai ketua umum, tiba di Balai Kesehatan, Perumahan TNI AL Desa Pasir Angin, Kecamatan Cileungsi yang disambut hangat oleh sepasang dokter cilik.

Kegiatan diawali dengan melepaskan pasukan penyemprotan disinfektan, melihat lokasi rumah sakit darurat Covid-19, pemeriksaan kesehatan rapid test, penanaman pohon durian Musang King, penyerahan bantuan APD, wastafel, susu dan vitamin bayi, bibit sayuran, serta sembako kepada masyarakat Desa Pasir Angin.

Dalam wawancaranya dengan awak media, Ketum Jalasenastri mengatakan bahwa kegiatan ini memang sudah direncanakan mengingat kondisi saat ini ekonomi masyarakat sangat sulit maka pihaknya memberikan bingkisan berupa sembako dan nasi bungkus untuk masyarakat Desa Pasir Angin.

“Antusias masyarakat sangat luar biasa, dimana yang kami targetkan ada 250 warga yang ikut rapid test dan pembagian sembako ternyata melebihi yang sudah disediakan, sekarang sudah hampir 290 warga dan itu bisa saja bertambah,” ucap Veronica Yudomargono.

Ia melanjutkan, kegiatan Jalasenastri membagikan sembako di 3 titik lokasi yakni Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Desa Pasir Angin, Kecamatan Cileungsi dan terakhir di Desa Sukamanah, Kecamatan Jonggol.

“Harapan saya masyarakat peduli dan sadar akan kesehatan, mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh pemerintah, hingga besar harapan saya dengan kegiatan bakti sosial ini warga sekitar Pasir Angin tidak ada lagi yang terdampak dari Covid-19, yang kita harapkan kita semua sehat dan yang hadir disini serta mengikuti tes rapid hari ini hasilnya negative,” kata dia.

Di tempat yang sama, Mayor Laut Kesehatan Wanita Dr. Diah Vinianti, spesialis dokter penerbangan, Kasie Dukes Diskes Lamtamal III Jakarta mengatakan bahwa kegiatan bakti sosial non bencana alam kali ini diadakan sekaligus untuk memperingati HUT Jalasenastri yang ke-74. Adapun kegiatan berupa pembagian sembako dan rapid tes kesehatan untuk warga sekitar Desa Pasir Angin.

“Sumbangan rapid test ini berasal dari ibu Kasal, dengan target 250 tapi pendaftar sudah mencapai 290an, untuk pendaftaran sendiri sudah kita mulai dari 2 minggu sebelum kegiatan ini dilaksanakan, sampai tadi malam tercatat 290. Sampai detik ini belum ada hasil yang reaktif semuanya negatif. Tapi bila memang nanti ada hasil yang reaktif sudah kita sediakan fasilitas dan kita bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Puskesmas Pasir Angin, yang sudah kita siapkan untuk Swab, sementara untuk saat ini belum ada yang berlanjut untuk dilakukan Swab,” jelas Dr. Vini.

Ia melanjutkan, adapun jika nanti ada masyarakat yang reaktif dan harus dilakukan Swab maka pihaknya telah menyiapkan tempat untuk isolasi disini, yaitu rumah sakit darurat Covid-19. “Sampai menunggu hasil Swab keluar untuk masyarakat yang hari ini dinyatakan reaktif. Tapi kita semua berharap jika semua masyarakat yang saat ini ikut rapid test hasilnya negatif dan dinyatakan sehat,” katanya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles