Quizziz Aplikasi Asik untuk Evaluasi

0

Ciawi | Jurnal Inspirasi

Evaluasi Pembelajaran menggunakan Quizziz menjadi topik bahasan dalam Webinar Brokoli (Ngobrol Asyik Via Online) volume II edisi Rabu, (1/7). Webinar edisi ini menghadirkan dua widyaiswara Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP), Miko Harjanti dan Triane Widya Anggriani.

“ Sebagai pengajar saatnya harus upgrade pengetahuan. Karena kita akan bertemu dengan masalah – masalah evaluasi, artinya selesai pembelajaran kita perlu melakukan test apakah materi – materi yang diberikan mengena tujuannya, dipahami atau tidak oleh peserta kita, “ ungkap Miko Harjanti.

Miko melanjutkan banyak aplikasi yang bisa digunakan, sebagai pengajar tinggal memilih mana yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Quizizz ujar Miko merupakan sebuah web untuk membuat permainan kuis interaktif yang bisa digunakan dalam pembelajaran dikelas (bisa digunakan untuk evaluasi pe5mbelajaran). Quizizz sekarang bisa diakses di playstore bagi pengguna android, sehingga dalam penggunaannya lebih praktis dan tentunya mobile friendly.

Selain itu tampilannyapun menarik, warna warni, diakhir akan ditampilkan siapa juaranya. Anak – anak akan merasa sedang bermain game online. “Quizizz cocok untuk evaluasi yang lebih santai, guru bisa mempersiapkan sebelum pembelajaran berlangsung, lalu dibuka bareng siswa/peserta, dan masuk bareng. Diakhir bisa keliatan siapa pemenangnya yang paling tinggi scorenya, “ jelasnya.

Lebih jauh penyandang gelar doktor Prodi Komunikasi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan (KMP) Sekolah Pasca sarjana IPB tersebut menjelaskan untuk pembuatan akun baik guru maupun siswa bisa juga dilakukan melalui android. Caranya tinggal download aplikasi quizizz dari playstore kemudian ikuti langkah -langkahnya. Untuk kegiatan pelaksanaan quiz lebih fleksibel dilakukan dengan menggunakan android.

Penggunaan quizizz sangatlah mudah, akan dibagi kedalam dua bagian yaitu yang pertama adalah host (pembuat soal), pembuat soal biasanya adalah seorang guru/pengajar. Yang kedua ada user (siswa) yang bergabung (join) untuk menjawab soal-soal yang sudah dibuat oleh guru.

Aplikasi ini dapat mencakup semua mata pelajaran, termasuk matematika, bahasa Inggris, sains, sejarah, geografi, bahasa-bahasa dunia, dan topik pengetahuan umum, fitur pilihan juga banyak dengan berbagai pilihan bentuk game. Multiple choice, check box, fill in the blank, poll atau open ended.

Game pun bisa disetting apakah peserta sebagai tim atau klasik. Klasik ini one by one siswa bekerja di gadget masing – masing. Bedanya dengan tim adalah pada penilaianya, nilainya untuk ini digrouping.
Game ini menyediakan pula link dengan email orang tua untuk mengirimkan hasil pekerjaan siswa, sebagai kontrol.

Webinar Brokoli PPMKP volume II digelar 25 Juni hingga 3 Juli dengan materi – materi berbasis IT untuk menunjang pembelajaran jarak jauh selama masa pandemik covid 19 menuju new normal.

Regi/PPMKP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here