32.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Israel Brutal Tembaki Nelayan Palestina

Gaza | Jurnal Inspirasi
Sejumlah nelayan Palestina ditembaki oleh militer Israel di pantai Gaza City. Para nelayan yang dipaksa kembali ke tepi pantai ini diketahui tak bersenjata. Menurut laporan kantor berita Wafa, angkatan laut Israel menembakkan peluru tajam dan bom ke arah nelayan yang berlayar tiga mil laut dari Gaza utara, di pesisir Al Sudaniya.

Aksi brutal Israel itu memaksa nelayan tak jadi mencari ikan dan kembali ke rumah. Tak ada laporan korban akibat tindakan Israel itu. Angkatan Laut Israel dan kapal-kapal bersenajta mereka sejak lama melecehkan nelayan Gaza, dengan menembaki, merusak kapal dan menahan para nelayan.

Kadang para nelayan itu terluka atau tewas selama serangan brutal tersebut. “Ada 17 pelanggaran Israel terhadap nelayan di Gaza sejak awal tahun ini,” papar Federasi Umum Serikat Dagang Palestina (PGFTU), dilansir Memo.

“Industri perikanan yang menjadi sumber pendapatan utama bagi ribuan warga Gaza turun 50% akibat aksi pelecehan dan kekerasan oleh Israel pada para nelayan Palestina,” ujar Sami Al-Amasi, kepala Serikat Pekerja Palestina di Gaza pada Al-Quds Al-Arabi.

Dia menyatakan pandemi virus Corona semakin membuat kondisi itu semakin buruk bagi warga Palestina. Selain menyerang nelayan, Israel sering melarang perahu nelayan masuk perairan dan mengurangi zona nelayan yang seharusnya bisa diakses warga Palestina dari Gaza. 

Israel menerapkan blokade laut di Gaza di sepanjang garis pantai 40 km sejak 2007. Blokade itu membatasi zona penangkapan ikan oleh 3.700 nelayan terdaftar di Gaza, dari 25 mil laut turun menjadi hanya enam hingga sembilan mil laut. Pada kenyataannya, zona itu lebih sempit lagi.

ASS|*

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles