29.4 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Webinar Brokoli PPMKP Volume 2 Bahas Google Classroom

Ciawi | Jurnal Inspirasi
Terbatasnya pergerakan manusia akibat social distancing dan physical distancing, dimasa pandemic Covid-19 menjadikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memiliki peranan yang sangat penting, sekaligus sebagai solusi untuk mengatasi pembatasan tersebut.

TIK  berperan dalam menjaga konektivitas dalam kehidupan sehari – hari. Diterapkannya TIK dapat memberikan efisiensi waktu dan biaya serta tenaga. Tanpa disadari  kehidupan manusia saat ini telah memiliki ketergantungan terhadap teknologi informasi. Pemanfaatan TIK di tengah pandemi Covid-19, diantaranya di bidang Pendidikan dan pelatihan  yakni dengan mengadakan kelas online.

Banyak aplikasi dalam teknologi informasi  yang bisa dipergunakan untuk kelas online. Salah satunya  Google Classroom.  Alat ini dapat mensiasati keterbatasan interaksi langsung antara guru dengan murid, mahasiswa dengan dosen atau widyaiswara dengan peserta pelatihan.

Sistem pembelajaran menggunakan Google Classroom sebagai media (tools) ajar menjadi bahasan dalam Webinar Brokoli (Ngobrol Asyik via online) Volume II yang mulai digelar Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP), Kamis (25/6).

“Sistem pembelajaran dengan google classroom dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa keterbatasan tempat. Menghemat waktu dan paper less, “ ujar Fadia Hanum. Widyaiswara yang menjadi pemateri pada kegiatan yang akan digelar hingga 29 Juni tersebut.

Lebih jauh Widyaiswara penggiat pemanfaatan Google Classroom dalam proses belajar mengajar ini menjelaskan Google classroom memiliki banyak keunggulan baik dari segi fitur maupun penggunaanya.  Pengajar dapat membuat kelas, memberikan tugas, berkomunikasi, dan melakukan pengelolaan, selain itu juga khusus siswa dapat melihat tugas di halaman tugas, di aliran kelas atau di kalender kelas.

“Google Classroom adalah bagian dari G Suite for Education yang juga hadir dalam versi aplikasi seluler. Untuk menggunakannya, pengajar dan murid wajib memiliki akun Google agar saling terhubung, “ jelasnya.

Webinar Brokoli volume 2 dengan topik Pemanfaatan Google Classroom menyedot 69 peserta dari berbagai instansi yang bergabung di aplikasi video conference Zoom Cloud metting.

Yudi Ils/Regi – PPMKP

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles