29.7 C
Bogor
Thursday, April 25, 2024

Buy now

spot_img

Waduh, Ada Lagi yang Positif Covid-19 di Klaster Mitra 10

Bogor | Jurnal Inspirasi
Jumlah positif Covid-19 dari klaster Mitra 10 Kota Bogor bertambah dua orang. Sehingga total keseluruhan menjadi 14 orang pada Kamis (25/6). Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, penambahan jumlah positif dari klaster Mitra 10. Kedua orang tersebut merupakan karyawan. “Dari dua orang tersebut bekerja di bagian supplier,” ujar Dedie melalui keterangan tertulisnya, Kamis (25/6).

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD Kota Bogor dari PKB, Jatirin mengatakan, pemerintah harus benar-benar serius dalam mendeteksi penularan virus corona dari Mitra 10. Selain itu, melacak dari bon transaksi semua orang yang pernah belanja juga harus digenjot melalui sosialisasi yang melibatkan aparatur pemerintahan di wilayah.

Jatirin menuturkan, segala upaya yang telah dilakukan Pemkot Bogor sudah baik. Tetapi juga perlu terobosan-terobosan untuk mendeteksi warga yang pernah datang dan berinteraksi di Mitra 10.

Kata dia, untuk mendeteksi warga yang pernah belanja dari Mitra 10 jangan hanya dilacak melalui bon transaksi karena itu tidak akan efisien. Sebab, bisa saja yang datang belanja itu tiga orang sementara yang pegang bon dan transaksi hanya dilakukan satu orang.

Kata dia,  dua orang mengantar, mungkin saja  berinteraksi dengan karyawan lain atau memegang barang di lokasi tersebut. Dan itu harus juga didetek demi keselamatan orang banyak. “Ya, ini harus dilakukan terobosan, oleh pemerintah hingga aparatur wilayah, mulai kadis, camat, lurah hingga di RT-RW. Lakukan penelusuran siapa saja warga yang  seminggu sebelum ditemukan ada yang positif corona di Mitra 10 agar di arahkan supaya mengisolasi dirinya hingga 14 hari, ini demi keselamatan bersama,” ujar Jatirin.

Ia mengaku akan terus memantau kegiatan warga. Terutama yang melakukan kegiatan ditengah pandemi dengan melibatkan lebih dari 10 orang. Kata Jatirin, kegiatan pengajian kalau di wilayah tetap ada. Ia berharap agar semua memperhatikan keselamatan dengan mengutamakan protokoler kesehatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), dr. Sri Nowo Retno mengatakan bahwa pihaknya masih melakukan tracing terhadap pengunjung yang sempat berbelanja di Mitra 10. Pasca sebanyak 12 orang terkonfirmasi positif Covid-19, dan hasil swab test yang dilakukan tiga hari lalu kepada 74 karyawan yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) telah keluar dan bertambah dua orang positif menjadi 14 orang.

** Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles