Makan Ikan Bisa Cegah Stunting

0

> Safari Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) Ir.Budhy Setiawan di Kota Bogor

Bogor | Jurnal Inspirasi
Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai Golkar asal Dapil Jabar III, Budhy Setiawan menggelar Safari Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) di Rumah Aspirasi Jalan Paledang, Kota Bogor, Senin (22/6). Budhy bersama Direktur Logistik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Innes Rahmania, Kepala PSDKP UPTD Wilayah Selatan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, dan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bogor, didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Eka Wardhana, menyampaikan pentingnya makan ikan.

Budhi membagikan paket Gemarikan secara simbolis.

“Ikan protein paling bagus yang terjangkau, begitu juga dengan produk olahannya. Upaya Gemarikan ini agar generasi kita tidak ada lagi stunting atau kekurangan asupan gizi,” ujar Budhy usai penyerahan bantuan secara simbolis ratusan paket Gemarikan.

Namun masalahnya jelas Budhi, dengan luas wilayah seperti lautan dan pesisir pantai yang mumpuni, hanya seperduapuluh konsumsi ikan dibanding Thailand. “Eksploitasi ikan dan produk olahannya masih minim, padahal Omega 3 dari ikan itu penting untuk tubuh, khususnya anak-anak. Ya, melalui gerakan ini kami bantu untuk mendorong masyarakat agar makan ini,” kata dia.

Innes Rahmania dari KKP juga menyebutkan, konsumsi ikan di Kota Bogor masih rendah dengan 21,7 kilogram, dan Jabar 29, padahal angka harapannya mesti diatas 3,1 kilogram. Dengan demikian, beban pemerintah masih tinggi untuk memberantas stunting. “Ini butuh perhatian bersama agar anak-anak kita mau mengkonsumsi ikan. Agar tidak stunting, anak-anak 0 tahun atau sejak dalam kandungan hingga umur 2 tahun ini harus cukup asupan gizi,” jelasnya.

Perwakilan penerima paket Gemarikan berpose bersama.

Mengenai masih rendahnya konsumsi ikan, menurut Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Eka Wardhana, Pemkot sudah melakukan upaya. Hanya saja masih perlu melakukan intervensi melalui kebijakan. “Kalau ada masyarakat yang tidak suka makan ikan secara utuh, produk-produk olahan ikan harus beragam,” tandasnya. Asep Saepudin Sayyev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here