30.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Warga Nanggung Keluhkan Jembatan Ciputih Amblas

> Puluhan Tahun Jembatan Belum Pernah Dibangun Lagi

Nanggung l Jurnal Inspirasi
Warga Kecamatan Nanggung meminta  jembatan Ciputih yang terletak di Kampung Blokparis, Desa Parakanmuncang yang merupakan akses vital warga untuk segera dibangun. Jembatan tersebut diatas bentarangan kali Ciputih sempat terjadi amblas pada awal tahun Januari 2020 lalu, namun hingga sekarang pihak terkait belum melakukan pembangunan.

“Kondisi jembatan ini semakin hari terlihat sangat parah, sebab bangunan sudah lapuk termakan usia. Saat ini pihak pemerintah hanya mengontrol saja tetapi belum dilakukan pembangunan jembatan,” kata salah satu warga sekitar,  Ida (40) kepada Jurnal Bogor, Senin (15/6).

Ida mengatakan, masyarakat sudah sangat menunggu perbaikan jembatan ini karena satu -satunya akses penghubung antardesa dan menuju  pasar rakyat Nanggung. Ida  memastikan seluruh warga wilayah Nanggung itu berharap perbaikan secepatnya. “Bahkan untuk pengerjaannya kami berkeinginan bisa segera disentuh pembangunan,” harapnya.

Tak hanya itu, Aktivis Bogor Barat Asep Kurnia mendesak Pemerintah Kaupaten Bogor, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  agar segera memperbaiki jembatan. “Keberadaan jembatan itu menuju  Pasar Beber serta pasar rakyat Nanggung itu kan jalan vital yang dampaknya sangat luas terhadap perekonomian warga dan juga jalur angkot kalo misalkan ini terputus tentu menghambat jalur transfortasi,” uja Asep yang biasa dipanggil Askur.

“Kami sebagai pegiat sosial mendesak kepada PUPR Kabupaten Bogor dalam hal ini kadis atau kabid meninjau ke lokasi. Ketika jalur transfortasi terputus, apalagi sebagai jalur penghubung tentu juga sangat riskan,” ujar Aksur.

Kami meminta, kata Askur bangunan jembatan itu, segera diprioritaskan mengingat kejadian amblasnya jembatan itu terjadi sudah 6 bulan lalu. “Seandainya tidak adanya kejelasan  kami akan mendesak secara tegas pihak  PUPR Kabupaten bogor entah dengan gerakan aksi atau somasi ataukan  misalkan bisa kita gugat secara kebijakan,” beber Askur.

Sementara Pengamat Jalan dan Jembatan dari UPT PUPR wilayah V Cigudeg, Idris meyebutkan, jembatan Ciputih dengan ruas jalan Panjaungan Nanggung terletak di kampung Blokparis itu, sebelumnya telah dusulkan bahkan  Kadis PUPR juga sudah mengetahui disaat meninjau ke lokasi bencana yang terjadi di wilayah Kecamatan Nanggung. 

Menurut Idris, kondisi jembatan itu sudah diusulkan, rencananya tahun 2020 ini akan dibangun berbarengan dengan pengerjaan  jalan Cibeber Cisarua serta jalan Curugbitung Nirmala yang berbatasan dengan Sukabumi. “Usianya memang sudah puluhan tahun dan belum pernah dibangun total, hanya saja baru dilakukan perawatan berupa pengecatan,” jelasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles