AD STEAM Prioritaskan Pengunjung

0

>> Lokasi Samping Rancamaya, Bogor Selatan

Bogor | Jurnal Inspirasi
Ditengah hiruk pikuk masalah Covid-19 yang menyebabkan meningkatnya angka pengangguran dan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) membuat masyarakat harus memutar otak untuk bertahan dalam situasi sulit itu. Solusinya adalah dengan membuat usaha untuk membantu pemerintah guna mengurangi angka pengangguran.

“Banyak cara untuk bertahan selain mengharapkan bantuan dari pemerintah, salah satu caranya adalah membuat usaha agar bisa menyerap dan mengurangi angka pengangguran,” kata Abdul Kadir Basalamah, pemilik usaha di bidang cuci mobil yang berlokasi di samping pintu masuk Rancamaya, Bogor Selatan dalam keterangannya kepada Jurnal Bogor, Rabu (10/6).

Membuka lapangan pekerjaan dinilainya bisa mengurangi beban pemerintah yang saat ini sedang berusaha bekerja keras untuk mengurangi dampak penyebaran virus Covid 19. “Sebenarnya membuka usaha ini hanya salah satu bagian kecil untuk membantu beban pemerintah disituasi pandemi ini, karena kita tahu belakangan ini begitu banyak masyarakat yang di PHK dari pekerjaannya,” tambahnya.

Ia mengaku, terjun dalam membuka usaha cucian mobil karena relatif membutuhkan modal yang tidak terlalu besar. “Saya mengajak kepada masyarakat untuk memulai membuka usaha daripada hanya mengharapkan bantuan dari pemerintah.  Banyak usaha dan ini hanya salah satu bentuk kecilnya saja,” paparnya.

Tak hanya itu, ia juga meminta kepada masyarakat sebelum membuka usaha untuk mengurus perizinan-perizinan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. “Alhamdulillah kalo untuk usaha cucian mobil ini kita sudah kantongi izinnya dan sudah berlangsung selama lebih dari 7 tahun,” katanya.

Sekedar informasi, lokasi usaha yang dibuka yakni bernama AD STEAM Car Wash dan dibuka setiap hari mulai pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB. “Kita terbuka untuk umum dan pengerjaan yang dilakukan disini sudah sesuai dengan standar dan memenuhi aturan yang berlaku,” tambahnya.

Lokasi usahanya yang terletak di Jalan Mayjend H.E Sukma Ciawi, Bogor Selatan ini dibuka dengan harga yang beragam. “Pengerjaan cuci motor hanya berada dikisaran 15 ribu rupiah saja, sedangkan untuk pengerjaan cuci mobil baik bagian interior dan eksterior hanya dibanderol dengan harga 50 ribu rupiah,” tambahnya.

Ia menambahkan ada beberapa SOP yang diterapkan ditempat usaha miliknya, yakni pengerjaan cuci kolong mobil dengan menggunakan hudrolik harus dilakukan dengan hati-hati agar mendapatkan hasil yang maksimal. “Kebersihan dan kecepatan dalam pengerjaan dilokasi kami menjadi prioritas. Kita menggunakan shampo khusus untuk body mobil agar body mobil tampak bersih dan mengkilat serta menghilangkan goresan yang melekat pada body mobil,” tuturnya.

Tak hanya itu, bagian interior mobil juga dibersihkan menggunakan vacuum cleaner khusus untuk mencegah debu yang menempel disetiap sudut karpet mobil. “Kita pastikan mobil para pengunjung akan terhindar dari yang namanya debu yang bisa menjadi sumber penyakit. Jadi kita pastikan kendaraan yang dicuci disini akan bersih, terawat, wangi dan bebas dari jamur,” tambahnya.

Kendati demikian, ia mengaku sejak ada covid 19 bisnis yang dijalaninya mengalami penurunan omset yang signifikan. “Biasa sehari bisa habis 15 mobil, kini hanya 5 mobil. Mudah-mudahan setelah pandemi ini situasi berjalan normal dan disini kembali ramai dikunjungi oleh pengunjung,” pungkasnya.

** AKB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here