28.6 C
Bogor
Thursday, April 25, 2024

Buy now

spot_img

Daerah di Jabar yang Siap ‘New Normal’

Bandung | Jurnal Inspirasi
Sebanyak 15 daerah ditetapkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah siap dalam zona biru untuk menerapkan New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam rangka memutus mata rantai penularan virus corona atau covid-19. 

Ke-15 daerah diantaranya Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Garut, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Banjar, Kota Cirebon, Kota Sukabumi dan Kota Tasikmalaya.

Ridwan Kamil menilai, keputusan ini diambil berdasarkan hasil evaluasi dan kajian bahwa per hari ini angka reproduksi (Rt) selama 14 hari di angka 1, bahkan dua hari terakhir di angka 0,97 juga laju Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) mengalami penurunan.

“Maka dalam kriteria ilmiah itu, zona yang masuk Level 2 (Zona Biru) itu terkendali, 60 persen yang Zona Biru inilah yang kami beri izin untuk melakukan The New Normal atau yang kami sebut Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB),” ujar Ridwan Kamil di Bandung, Jumat 29 Mei 2020.

Sedangkan 12 daerah lain yang merupakan Zona Kuning yaitu Kabupaten Bandung, Kabupayen Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, Kabupaten Sukabumi, Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Cimahi dan Kota Depok disarankan untuk melanjutkan program Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional.

“PSBB-nya kami bagi dua, untuk Bodebek karena klaster (gabung) Jakarta maka PSBB sampai 4 Juni. Yang tujuh (Zona Kuning) di luar Bodebek direkomendasikan melanjutkan PSBB secara parsial sampai 12 Juni,” katanya.

“Jadi masyarakat jangan euforia, (AKB) akan dilakukan bertahap. Tahapan ini dievaluasi per tujuh hari atau seminggu. Jika angka kurang baik, bisa saja (Zona Biru) PSBB lagi. (Daerah) yang siap 1 Juni silakan (AKB), yang belum jangan dipaksakan,” ujarnya.

**|ASSayyev

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles