27.7 C
Bogor
Tuesday, March 19, 2024

Buy now

spot_img

Utang Rp4.680 Triliun, Indonesia tak Diberi Keringanan

Jakarta | Jurnal Bogor

Di tengah merebaknya wabah Coron, Dana Moneter Internasional (IMF) mengumumkan kebijakan. Sebanyak 25 negara mendapat keringanan pembayaran utang. Direktur Pelaksana IMF, Kristalina Georgieva mengatakan, dewan eksekutif menyetujui beberapa negara yang diberi hibah dan keringanan pembayaran utang selama enam bulan. Hibah diberikan melalui Catastrophe Containment and Relief Trust (CCRT). Lembaga ini memiliki sekitar $ 500 juta. Termasuk $ 185 juta dari Inggris, $ 100 juta dari Jepang, dan dari China, Belanda, dan lain-lain.

IMF sedang berupaya untuk meningkatkan jumlah bantuan menjadi $ 1,4 miliar. “Hibah ditujukan kepada anggota kami yang paling miskin dan paling rentan untuk menutupi kewajiban utang IMF mereka untuk tahap awal selama enam bulan ke depan,” katanya.

Bantuan tersebut diharapkan membantu negara-negara itu menyalurkan lebih banyak sumber daya keuangan mereka ke arah upaya darurat medis yang prioritas. Dia mendesak negara-negara donor lain untuk membantu mengisi kembali CCRT. Meningkatkan kemampuan IMF untuk memberikan bantuan layanan utang tambahan selama dua tahun penuh kepada negara-negara anggotanya yang paling miskin.

IMF pada Maret menyetujui perubahan yang akan memungkinkan CCRT untuk menyediakan hingga dua tahun bantuan layanan utang kepada anggota termiskin IMF yang terdampak Corona. Direktur Pelaksana Bank Dunia, Axel van Trotsenburg mengatakan, kelompok 20 negara besar dan kelompok tujuh (G7) sebagian besar mendukung permintaan Bank Dunia dan IMF untuk penghentian sementara pembayaran utang. “Semua orang mengerti bahwa kita perlu membantu negara-negara termiskin. Ada keinginan besar,” katanya kepada Reuters dalam sebuah wawancara. “Aku pikir ini kesempatan yang baik untuk bergerak maju bersama,” katanya.

Reuters mencatat, lebih dari 1,8 juta orang telah dilaporkan terinfeksi oleh virus corona secara global dan 115.242 telah meninggal. Daftar 25 negara yang mendapat bantuan dan keringanan utang, tidak ada nama Indonesia. Hingga Agustus 2019, utang Indonesia tercatat Rp4.680 triliun.

Asep Saepudin Sayyev |*

Negara yang akan menerima bantuan layanan utang dari CCRT:

1. Afghanistan 2. Benin 3. Burkina Faso 4. Republik Afrika Tengah 5. Chad 6. Komoro 7. Republik Demokratik Kongo 8. Gambia 9. Guinea 10. Guinea-Bissau 11. Haiti 12. Liberia 13. Madagaskar 14. Malawi 15. Mali 16. Mozambik 17. Nepal 18. Niger 19. Rwanda 20. O-ncipe 21. Sierra Leone 22. Kepulauan Solomon 23. Tajikistan 24. Togo 25. Yaman

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,832FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles