32.2 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

BTT Rp 191 Miliar untuk Covid-19

Cibinong | Jurnal Inspirasi

Belanja Tak Terduga (BTT) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020 sebesar Rp 191 miliar dialokasikan penanganan virus Corona (Covid-19) seluruh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Puskesmas di wilayah Bumi Tegar Beriman.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina Mars mengatakan, BTT ratusan miliaran rupiah itu dikhususkan penanganan wabah virus Corona.

“Penanganan Covid-19 yang BTT itu pasti untuk 4 RSUD yakni Ciawi, Cileungsi, Cibinong dan Leuwiliang. Anggaran tersebut untuk Alat Pelindung Diri (APD) dan penambahan ruang isolasi,” ujar Mike kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Mantan Dirut RSUD Cileungsi ini menerangkan, penambahan ruang isolasi telah dilakukan di RSUD yang ada di wilayah Bumi Tegar Beriman. “RSUD Cibinong ruang isolasi dari 36 sekarang 71 dan Ciawi 60. Leuwiliang dan Cileungsi juga bertambah karena semua RSUD dari Bupati sudah memberikan suatu kebijakan harus bisa menanggulangi Covid-19,” terangnya.

Ia menambahkan, pihaknya mengimbau para RSUD untuk tetap menjalankan mekanisme dalam pembelian APD yang bersumber dari anggaran APBD.

“Ini merupakan wabah yang memang harus cepat tertangani. Untuk melakukan pembelian APD yang pastinya dalam jumlah banyak itu harus tetap berkonsultasi dengan  LKPP atau ULP. Jangan sampai ada aturan yang ditabrak agar tidak terjadi persoalan dimasa yang akan datang,” katanya.

Lebih lanjut ia memaparkan, anggaran BTT tidak hanya diperuntukan RSUD saja tapi juga puskesmas dan membangun Rumah Sakit darurat Covid-19.”Puskesmas juga dikucurkan anggaran BTT untuk pembelian APD terkait tracking kasus Covid-19. Bukan hanya itu, anggaran itu juga untuk pembangunan Rumah Sakit darurat Corona yang sedang disiapkan di wilayah Kemang,” paparnya.

Noverando H

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles