Home News PKK Tanggulangi Covid-19 Melalui Gerakan Sejuta Masker

PKK Tanggulangi Covid-19 Melalui Gerakan Sejuta Masker

Bogor | Jurnal Inspirasi

Angka penyebaran Virus Corna atau Covid-19 yang terus meningkat membuat Ketua TP PKK Kota Bogor Yane Ardian ikut prihatin. Belum lagi ketersediaan alat pelindung diri seperti masker cukup langka di pasaran sehingga harganya pun melonjak tinggi.

Melihat kondisi itu, istri Walikota Bogor ini pun menggagas gerakan yang dinamakan ‘Sejuta Masker Kain untuk Kota Bogor’. Seperti apa?

“Pandemi Covid-19 bisa ditekan dengan preventif, promotif dan kuratif yang tepat. Preventif di masyarakat sangat penting untuk mengerucutkan kasus Covid-19, misalnya dengan jaga kebersihan dan kesehatan diri, rutin cuci tangan pakai sabun, physical distancing dan pakai masker,” ungkap Yane disela aktivitasnya menjahit masker kain di kediamannya, Selasa (7/4/2020).

Ia menambahkan, banyak warga yang masih tidak menggunakan masker lantaran keberadaan masker sangat sulit dan mahal. “Dan tidak semua warga paham tentang manfaat pakai masker untuk cegah droplet dari bersin atau batuk seseorang.  Itulah kita perlu gerakan bersama untuk pengadaan masker kain,” ujarnya.

“Terlebih WHO dan Pemerintah mewajibkan seluruh masyarakat menggunakan masker, terutama saat keluar rumah. Jadi, masker medis hanya untuk tenaga medis, masker kain untuk masyarakat,” tambahnya.

Selain menyediakan tempat jahit untuk pembuatan masker kain dan sejumlah SDM di kediaman pribadinya, Yane Ardian juga menggerakan kader PKK se-Kota Bogor untuk ikut ambil bagian dan mengajak partisipasi masyarakat dalam gerakan sejuta masker kain tersebut.

“Banyak yang terlibat dalam gerakan ini. PKK sebagai inisiator melibatkan PKK Kota Bogor, kecamatan, kelurahan, RW, RT hingga Dasawisma. Ada juga Yayasan Cinta Keluarga Indonesia (YCKI) sebagai fasilitator donasi, Solidaritas Bogor untuk relawan antar dan komunitas lainnya serta seluruh masyarakat Kota Bogor yang peduli pada gerakan ini,” jelasnya.

Gerakan ini juga membuka donasi bagi masyarakat atau instansi yang ingin ikut ambil bagian. “Donasi ada empat macam, bisa berupa donasi uang, donasi kain, donasi masker kain atau bahkan donasi tenaga relawan jahit masker. Donasi-donasi ini saling support. Pemberdayaan masyarakat yang utama untuk sadar secara mandiri ikut dalam gerakan ini. Tapi tentu saja diperlukan support masker kain untuk wilayah yang memerlukan dan tempat umum yang masih aktivitas, seperti pasar, angkutan umum dan lain-lain dengan tetap jaga jarak dan rutin cuci tangan,” bebernya.

Saat ini, diakui Yane, pihaknya masih mendata relawan jahit di wilayah dan yang melakukan produksi mandiri. “Nantinya masker kain akan dibagikan gratis untuk warga berdasar kebutuhan di wilayah dari ajuan PKK Kelurahan dan Kecamatan. Juga dioptimalkan terlebih dahulu untuk masyarakat di tempat umum seperti pasar, stasiun, dan lain-lain. Masker kain dibungkus dan disertakan selembaran edukasi cara pakai dan cara cuci masker kain,” kata Yane.

Keberhasilan gerakan, lanjutnya, apabila semua warga yang keluar rumah untuk urusan sangat mendesak, memakai masker. Tidak ada warga di luar rumah yang tidak pakai masker. “Dan ini harus dicapai dalam waktu yang sesegera mungkin agar segera putus rantai penularan. Selain sosialisasi dan pemberian masker gratis, menurut saya pengawasan dan sanksi harus ditegakkan.

Perlunya kerjasama yang kuat antara yang terlibat gerakan ini dengan Pemkot dan jajarannya,” terang Yane.

Terakhir, Yane mengajak para keluarga Indonesia untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan  sehat untuk cegah Covid-19 ini diantaranya makan makanan Beragam Bergizi Seimbang Halal dan Aman ( B2SHA), aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari dalam lima kali seminggu, berjemur 15 menit, rajin cuci tangan pakai sabun dan dengan air mengalir.

“Selain itu juga terapkan Physical Distancing, Media Social Distancing, pakai masker untuk menghindari droplet, selalu merasa bahagia (positif thinking), istirahat cukup dan yang tak kalah penting mendekatkan diri pada Allah SWT,” pungkasnya.

Untuk keterangan lebih lanjut terkait dengan Gerakan Sejuta Masker Kain untuk Kota Bogor bisa dilihat di instagram @yane_ardian dan @cintakeluargaindonesia.

Fredy Kristianto

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version