30.4 C
Bogor
Thursday, April 18, 2024

Buy now

spot_img

Bupati Bogor Lakukan Aksi Simpatik Serentak di Pos Gadog

Ciawi | Jurnal Inspirasi
Bupati Bogor, Ade Yasin bekerjasama dengan Polres Bogor dan Kodim 0621 beserta seluruh Satuan Gugus Covid-19 Kabupaten Bogor, melakukan pencegahan eksodus warga yang berasal dari luar Kabupaten Bogor, dengan melakukan aksi simpatik serentak dan sosialisasikan RW Siaga kepada para pengendara yang menuju ke Puncak, Bogor.

Aksi tersebut dilaksanakan di empat lokasi yang menjadi titik masuknya ke Kabupaten Bogor, yakni Pos Polisi Gadog, Puncak Pas, Cigombong, serta fly over Cibinong.

“Sosialisasi kepada para pengguna jalan ini bertujuan agar mereka mempertimbangkan kembali perjalanannya menuju Bogor,” kata Bupati Bogor, Ade Yasin kepada wartawan saat ditemui dilokasi, Sabtu (4/4/2020).

Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jawa Barat (Jabar) ini menyatakan, menindaklanjuti instruksi Presiden yang disampaikan melalui Gubernur Jabar, bahwa dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona, seluruh kabupaten/kota khususnya di Jabar agar memberdayakan potensi masyarakat dalam bentuk RW Siaga.

“Berdasarkan intruksi itu, kami memerintahkan melalui 40 camat agar membentuk RW Siaga Corona di Kabupaten Bogor. Targetnya bisa terbentuk sebanyak 3759 RW siaga corona. Tugasnya nanti melakukan sosialisasi, edukasi dan pembatasan pergerakan keluar masuk warga, termasuk memonitor tamu dan orang-orang yang tidak berkepentingan berada di wilayah masing-masing,” jelasnya.

Selain itu, Ade Yasin menginstruksikan untuk menggiatkan kembali siskamling serta wajib lapor 1×24 jam bagi pendatang dengan tetap memberlakukan pshycal distancing atau jarak minimal 1 meter. Disamping, meminta untuk memasang spanduk RW Siaga di setiap gerbang kampung.

“Dengan terbentuknya gugus tugas covid19 di tingkat RW, maka Kabupaten Bogor bisa dikatakan siaga penuh menghadapi corona. Karena RW siaga ini berfungsi sebagai alat deteksi dini penularan wabah,” paparnya.

Bupati pun mengajak seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan seluruh potensi masyarakat lainnya untuk berperan aktif dalam penanggulangan wabah Covid-19 di wilayahnya masing-masing.

“Saya mengapresiasi warga yang telah terlibat, terima kasih kepada warga yang sudah bergotong royong dan secara sukarela terlibat dalam RW Siaga untuk melakukan upaya-upaya pencegahan,” ungkapnya.

Ade Yasin menghimbau kepada warga dari luar Bogor, tapi ingin masuk ke Bogor untuk berpikir dua kali dan berpesan untuk menahan dahulu keinginan masyarakat demi kebaikan bersama.

“Jangan sampai kedatangan anda tanpa disadari, membawa virus dan menularkannya ke orang-orang terdekat. Sayangi diri anda, sayangi juga keluarga anda,” tukasnya.

Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles