29.6 C
Bogor
Thursday, June 13, 2024

Buy now

spot_img

Beras Organik P4S Al Ikhtisar Dinikmati Deddy Mizwar

Ciawi | Jurnal Inspirasi

:Beras organik produksi Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Al Ikhtisar, Kecamatan Bumi Jawa, Kabupaten Tegal, turut dinikmati Deddy Mizwar.
“ Beras organik saya sudah sampai ke Pak Deddy Mizwar, beliau dulu langganan beras dari P4S Al Ikhtisar, “ tutur Ahmad Subhan, petani Pengelola P4S Al Ikhtisar saat melakukan wawancara online dengan Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP), Sabtu (4/4).

Dikisahkan Ahmad Subhan, berasnya sampai ke artis pemeran ‘Nagabonar’ berkat salah satu warga didesanya yang bekerja pada artis tersebut. “Awalnya warga desa yang bekerja di Pak Deddy, mudik, dan kembali ke Jakarta membawa oleh – oleh beras organik, dari situlah akhirnya menjadi langganan, “ kisahnya.

Padi organik yang ditanam di lahan seluas 4,5 hektar dipupuk menggunakan pupuk organik hewan atau pupuk kandang, dan untuk pengendalian hama ia menggunakan pestiisida nabati racikannya yang dibuat dari serbuk kayu sengon, umbi gadung dan picung.

Ia mengatakan bahan serbuk kayu sengon didapatnya dengan cara bekerjasama dengan tukang kayu. Produktivitas padi yang ditanamnya ungkap Ahmad Subhan, menghasilkan enam ton per hektar dengan tiga kali tanam. Sementara pemasarannya selain di wilayah Tegal juga sudah merambah ke berbagai wilayah. “Selain padi organik, usaha lain P4S Al Ikhtisar adalah peternakan kambing dan penggemukan sapi, “ ujarnya.

Disinggung mengenai wabah Korona yang mengharuskan Ia lebih banyak di rumah, Ia menuturkan, lahan sawah relatif aman dari kerumunan. Karena tidak banyak yang bekerja di sawah, sehingga ia yakin lahan sawah adalah tempat aman untuk tetap melaksanakan kegiatan. Namun demikian dirinya tak akan mengabaikan anjuran pemerintah dan selalu menerapkan protokol pertanian di lapangan untuk turut mencegah penyebaran Covid 19.
“ Pertengahan bulan ini sudah mau panen, harus lebih banyak dikontrol agar tidak kena hama, “ pungkasnya.

RG/PPMKP

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles