29.6 C
Bogor
Thursday, June 13, 2024

Buy now

spot_img

Cegah Penyebaran Covid-19, Indocement Salurkan Bantuan

Citeureup | Jurnal Inspirasi

PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk menunjukkan komitmennya membantu 12 desa binaan menghadapi situasi terkini untuk menghambat dan memutus mata rantai penyebaran Covid -19 atau Virus Corona.

Corporate Social Responsibility & Security Division Manager, Sahat Panggabean mengatakan, bantuan yang disalurkan pada 12 desa binaan itu merupakan tahap awal untuk menghambat penyebaran Covid -19 di 12 desa di sekitar pabrik Citeureup. “Bantuan awal berupa 27 unit mesin sprayer desinfektan, 432 liter cairan desinfektan, 27 unit tempat cuci tangan, dan 13,5 liter sabun cuci tangan,” katanya dalam keterangan tertulisnya kepada Jurnal Inspirasi, Rabu (02/04).

12 desa binaan yang mendapatkan bantuan itu tersebar di tiga kecamatan, yakni Citeureup, Gunungputri dan Klapanunggal. Desa-desa itu Tajur, Lulut, Bantarjati, Nambo, Gunungputri, Hambalang, Leuwikaret, Tarikolot, Citeureup, Gunungsari, Pasirmukti, Kelurahan Puspanegara. “Kami pun tak hanya membantu alat desinfektan dan sarana pendukung lainnya, tapu sejak awal Februari lalu, sebelum wabah virus Corona mulai merebak di Indonesia, Indocement dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor bekerja sama mengadakan sosialisasi Covid-19 di 12 desa mitra kompleks Pabrik Citeureup,” ujar Sahat.

Sosialisasi kata Sahat diadakan di 16 lokasi yang tersebar di 12 desa mitra dengan total peserta sebanyak 1.320 orang, terdiri dari warga desa mitra dan kader kesehatan Posyandu. “Dalam sosialisasi, peserta diberikan materi mengenai apa itu Covid-19 serta penyakit pneumonia berat yang disebabkan oleh virus ini. Para peserta juga diingatkan untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), seperti disiplin mencuci tangan (6 langkah berdasarkan WHO), dan juga etika saat batuk atau bersin,” katanya.

Selain memberi edukasi mengenai Covid-19 kepada masyarakat melalui sosialisasi tatap muka, edukasi lanjut Sahat dilakukan melalui media lain, seperti poster dan spanduk, serta penyuluhan menggunakan mobil keliling ke setiap desa dengan materi yang disampaikan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda. “Materi penyuluhan adalah himbauan kepada masyarakat untuk tetap tenang, tidak meninggalkan rumah kecuali untuk keperluan penting, terapkan PHBS, makan makanan yang bergizi, olahraga teratur, terapkan etika bersin dan batuk,” jelasnya.

Sahat menghimbau, warga tetap tinggal di rumah atau tidak berpergian, di saat pendemi Corona ini.
“Kami himbau agar masyarakat tetap di rumah, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, melakukan physical distancing, menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah, serta mendekatkan diri kepada Tuhan. Upaya tersebut kami harapkan dapat membantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sehingga semua dapat kembali normal,” katanya.
Dalam waktu dekat, kata Sahat, Indocement berencana untuk kembali memberikan bantuan alat desinfektan, cairan desinfektan dan sarana pendukung lainnya untuk beberapa desa mitra agar penerima manfaat bantuan tersebut semakin banyak serta dapat menjangkau lingkungan masyarakat yang lebih luas lagi.

“Kita harap upaya Indocement, pemerintah desa, dan warga desa mitra untuk gotong royong melakukan penyemprotan desifektan akan membantu pencegahan penyebaran Covid-19 yang semakin meluas di wilayah Kabupaten Bogor,” tutupnya.

Mochamad Yusuf

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles