Kades Cicadas Akan Rancang Box Sterilisasi

0
Dian Hermawan

Gunung Putri | Jurnal Inspirasi

Pencegahan Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Bogr hingga kini terus dilakulan oleh stake holder agar penyebaran virus tersebut tidak semakin meluas. Tak mau warganya menjadi korban, Kepala Desa Cicadas, Dian Hermawan melakukan pencegahan dengan menyemprotkan cairan disinfektan ke setiap tempat fasilitas umum dan rumah ibadah dengan melibatkan unsur desa.

Tak hanya menyemprotkan cairan disinfektan, Dian Hermawan sedang merancang Box Sterilisasi yang nantinya akan ditempatkan di pintu masuk kantor desa. Box sterilisasi tersebut akan dikerjakan olehnya sendiri dengan mengandalkan skill yang dimilikinya. Hal itu dilakukannya lantaran harga untuk satu steril box saja sudah mencapai puluhan juta.

“Saya sudah mendesain untuk pembuatan boxnyai hasil karya saya sendiri. Soalnya untuk beli box keluar masih belum sanggup lantaran biayanya juga cukup mahal, dan untuk keuangan desa pun belum cair dari pemerintah,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk selanjutnya, saat ini pihaknya sudah membeli peralatan dalam pembuatan box yang nantinya akan digunakan untuk setiap warga yang akan melakukan pelayanan administrasi di Desa Cicadas sendiri. Jadi, setiap warga maupun staf desa yang akan masuk ke kantor desa akan di sterilkan terlebih dahulu oleh box tersebut.

“Lantaran terbentur biaya, jadi kita mending buat sendiri aja. Untuk pembuatannya tidak terlalu sulit karena saya sudah biasa membuat peralatan seperti itu, kita tinggal beli spare partnya aja setelah terkumpul baru nanti kita langsung rakit,” tambahnya.

Untuk cairan yang nanti akan digunakan di dalam box tersebut, Dian sudah berkomunikasi dengan perusahaan yang ada di wilayahnya yang memang membuat cairan kimia untuk membuatkan cairan sterilisasi yang tidak berbahaya bagi manusia. Karena pada umumnya cairan steril yang digunakan respon sterilnya tidak terlalu cepat bereaksi.

“Untuk cairan sterilisasinya saya sudah berkomunikasi dengan perusahaan untuk membantu kami membuatkan cairan steril yang aman dan bereaksi cepat membunuh virus, kita tinggal tunggu waktunya saja semoga box steril ini cepat selesai dan bisa digunakan,” katanya.

Dian berharap, dengan segala upaya pencegahan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor khususnya Desa Cicadas, virus yang saat ini sedang mewabah di Indonesia bisa segera selesai. “Harapan saya semoga ikhtiar yang kita lakukan ini bisa mencegah virus corona dan bahkan malah tidak ada sama sekali di Indonesia, agar masyarakat bisa nyaman dalam melakukan segala aktivitas tidak seperti saat ini merasa cemas dengan mewabahnya visrus Corona tersebut,” pungkasnya.

Nay Nur’ain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here