Akibat Galian Tanah, Jalan Raya Kemang Coklat dan Berdebu

0

Kemang | Jurnal Inspirasi

Aktivitas galian tanah yang berada di dalam sebuah komplek perumahan KE, yang terletak di wilayah RT 01 RW 08 Desa Kemang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor banyak dikeluhkan warga serta para pengguna kendaraan bermotor di jalan raya Kemang. Aktivitas galian tersebut menurut warga dilaksanakan oleh sebuah perusahaan bernama PT. PL dan sudah berlangsung cukup lama. Bahkan, keluhan warga juga sudah sering disampaikan kepada pihak – pihak berwenang.

“Sudah lama itu galian tanah beroperasinya, bahkan pernah ditutup sama Satpol PP. Tapi kok bisa buka lagi,”kata Agus  (43), warga Kecamatan Kemang, Minggu (29/3).

Warga pun mengaku sepanjang jalan raya Kemang setiap pagi  tampak truk galian tanah berjejer di pinggir jalan raya. Sementara ceceran tanah merah mengotori kedua sisi ruas jalan nasional tersebut, baik arah ke Bogor maupun arah ke Parung.  “Kalau hujan, tanah itu bikin jalan becek berlumpur dan membahayakan pengguna jalan. Kalau panas, debu kotor bikin sesak napas,” kata Agus.

Sementara Sekretaris Camat Kemang Ria Marlisa Aritonang mengatakan akan menindaklanjuti dan memanggil pihak pengembang. “Besok pagi kami akan panggil pengembang dan pemilk galian tanah merah itu,” tegas Ria.

Ria pun mengaku pihak kecamatan sebelumnya sudah melakukan pemanggilan dan  sudah dilaporkan ke Pol PP Kabupaten Bogor. “Dengan munculnya galian kembali mungkin kami pihak kecamatan akan koordinasi lagi  dengan Polsek Kemang dan Pol pp Kabupaten,” kata Ria.

Cepi Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here