26.6 C
Bogor
Saturday, May 25, 2024

Buy now

spot_img

Muspika Tanggap Bersihkan Sampah Liar

Leuwisadeng l Jurnal Inspirasi

Pihak Kecamatan Leuwisadeng beserta petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan sejumlah  Pol PP berikut  pihak TNI dari Koramil  Leuwiliang, ditambah beberapa personil anggota kepolisian dari Mapolsek Leuwiliang turun langsung guna membersihkan sampah sampah liar di jalur nasional, Kampung Kosol, Desa Sadeng, Kamis (19/3).

Plt Camat Leuwisadeng, H. Hendarsah menyatakan, pihak telah menyelesaikan kerja bakti  membersihkan sampah – sampah liar di jalan utama berbatasan  Desa Sadeng dengan Desa Kalong 2.

“Dengan dibantu sejumlah anggota Linmas, Alhamdulillah sampah sampah liar yang berserakan persis dipinggir jalan itu telah dibersihkan,” kata Hendarsah kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Menurutnya, kegiatan kerja bakti membersihkan sampah tidak hanya ditujukan untuk kebersihan lingkungan, tetapi juga ditujukan untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran warga agar tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Tak hanya itu, papar Hendarsah, setelah dibersihkan sampah liar tersebut pihaknya langsung memasang plang larangan dengan tidak membuang sampah di sepanjang jalur tersebut.” Iya penanganan sampah ini sengaja kami lakukan karena adanya keluhan masyarakat,” tukasnya.

Maka itu, lanjut Hendarsah, selain dilakukan pemasangan plang larangan pembuangan sampah,  kedepan adakan dibuatnya pos penjagaan di wilayah tersebut dengan melibatkan petugas linmas dan Pol PP.

Dia menyebutkan, kerja bakti dalam penanganan sampah  salah satu upaya menjaga kebersihan adalah tugas kita bersama.” Tentunya semua pihak harus terlibat  harus gerak cepat terutama pihak DLH ketika dibutuhkan mobilisasi, itu harus pro aktif,” ucapnya.

“Pihak DLH harus tanggap jangan ada istilah tidak pasti ketika dibutuhkan operasional kendaraan pengangkut sampah. Kami juga kurang tahu, apa memang di DLH sendiri masih minim kendaraan operasional? ,” tanya dia.

Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles