29.6 C
Bogor
Thursday, June 13, 2024

Buy now

spot_img

Pemdes Cigudeg Geber Bangun Insfrastruktur

Cigudeg l Jurnal Inspirasi

Pemerintah Desa Cigudeg, Kecamatan Cigudeg manfaatkan Dana Desa (DD) tahap pertama untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur yang tersebar di beberapa pelosok kampung. Kepala Desa Cigudeg Andi Supriyadi mengatakan, setelah diterimanya DD tahap pertama tahun 2020, langsung digunakan untuk membangun  berupa pengerjaan hotmix jalan lingkar Setu, berikut pembelian satu unit kendaraan bermotor untuk mengangkut sampah.

Lalu pembangunan hotmix jalur pendidikan SDN 1 dan SDN 2 dan pembuatan bak penampungan sampah di tiga kampung, yakni Kampung Cicopong Kidul, Cicopong Tonggoh dan Cicopong Lebak. “Tentunya untuk penataan lingkungan di bidang kebersihan dengan memanfaatkan fasilitas kendaraan bermotor pengangkut sampah,” kata dia.

“ Satu unit kendaraan bermotor untuk mengangkut sampah  karena dilatarbelakangi permasalahan sampah masih menjadi permasalahan serius. Hal ini untuk menetralisir dan mengurangi warga yang membuang sampah sembarangan,” imbuhnya.

Tak hanya itu, kata Supriadi, untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) Dana Desa juga digunakan untuk pelatihan dan pembinaan terhadap kelembagaan aparatur pemerintah desa yang digelar beberapa waktu lalu. “Guna meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah desa agar pelayanan desa menjadi lebih baik.”

Menurutnya, pelaksanaan pelatihan aparatur pemerintah desa  adalah  salah satu kunci keberhasilan tata kelola pemerintahan, sehingga bisa  terciptanya administrasi yang baik. Andi Supriyadi yang akrab disapa Bram menyebutkan, bahwa tatanan pemerintahan desa yang baik harus didukung oleh kesiapan sumber daya manusianya yang mengikuti perubahan kemajuan dan sistem. ” Tentu saja dalam pelatihan tersebut orientasinya untuk meningkatkan kemampuan lembaga kemasyarakatan sesuai tugas dan pungsinya masing masing,” jelasnya.

Lebih lanjut Bram memaparkan, bahwa begitu penting dalam membangu komunikasi antar semua pihak, salah satunya menampung aspirasi melalui sapa warga ditingkat RW agar komunikasi  dan menjalin koordinasi tetap berjalan. “Sebanyak 22 RW se- Desa Cigudeg setiap per bulannya difasilitasi dengan diberikan uang pulsa sebesar 50 ribu,” tutupnya.

Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles