33.2 C
Bogor
Saturday, June 22, 2024

Buy now

spot_img

AHY Terpilih Aklamasi Gantikan SBY

Jakarta | Jurnal Inspirasi

Agus Harimurti Yudhoyono  (AHY) resmi ditetapkan sebagai ketua umum Partai Demokrat menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Keputusan tersebut diambil dalam kongres ke-V Partai Demokrat yang digelar di JCC, Jakarta, Minggu (15/3). “Setelah kami melakukan verifikasi administrasi caketum, dan dinyatakan memenuhi persyaratan, maka berdasarkan Pasal 25 ayat 6 dan ayat 7 peraturan tata tertib kongres telah ditetapkan secara aklamasi bapak Agus Harimurti Yudhoyono sebagai ketum partai demokrat 2020-2025, apakah dapat disetujui?” kata pimpinan sidang kongres EE Mangindaan.

Dukungan terhadap putra sulung SBY itu sebanyak 34 DPD dan 514 DPC. Bahkan usai ditetapkan sebagai ketua umum, terlihat AHY mengibarkan bendera Partai Demokrat. Setelah itu AHY langsung menyambangi mantan ketua umum Partai Demokrat yang juga ayah dari AHY dan memeluknya.

Sebelumnya, saat melampirkan formulir pendaftaran calon ketua umum, AHY telah mendapat dukungan 93 persen suara dari DPD maupun DPC. Dukungan mayoritas itu secara otomatis memuluskan AHY menjadi calon ketua umum yang sebelumnya diemban SBY. Dengan hasil ini, AHY menjadi orang kelima yang menjabat sebagai ketua umum Partai Demokrat.

Sebelumnya, mereka yang pernah memimpin Partai Demokrat adalah Subur Budhisantoso (2001-2005), Hadi Utomo (2005 – 2010), Anas Urbaningrum (2010 – 2013), dan Susilo Bambang Yudhoyono (2013 – 2020). Diketahui, tidak seperti gelaran kongres-kongres sebelumnya, di tahun ini, Partai Demokrat hanya memakai satu hari saja untuk melaksanakan forum lima tahunan itu. Kongres V Partai Demokrat juga menjadi momen pidato politik terakhir SBY selaku Ketua Umum Partai Demokrat.

SBY yakin Partai Demokrat akan memiliki masa depan yang lebih cerah di tangan para pemimpin baru yang mengemban tugas selama lima tahun ke depan. Ia juga meyakini bahwa pimpinan baru Partai Demokrat adalah kader-kader yang kapabel, memiliki visi dan kompetensi, setia kepada perjuangan partai, serta punya komitmen yang tinggi untuk membesarkan Partai Demokrat.

“Sebenarnya, ketika para pemimpin baru itu datang, pemimpin-pemimpin lama tidaklah pergi. Kami-kami akan tetap di sini dan berjuang bersama. Justru, partai akan semakin kuat,” kata SBY.

Sementara itu atas terpilihnya AHY sebagai ketua umum periode 2020-2025 disambut gembira di Bogor. Ketua PAC Partai Demokrat Kecamatan Darmaga, Gita Purnama misalnya, menyatakan sudah memprediksi AHY bakal menang secara aklamasi karena figur AHY mumpuni. “Saya menyambut baik, AHY itu sosok milenial yang cerdas dan mumpuni yang diharapkan bisa memimpin Demokrat berjaya di Pemilu mendatang. Dia figur muda yang enerjik dan bisa bergerak dinamis karena kepemimpinan partai memang harus enerjik dan muda. Ya, waktunya yang muda yang memimpin karena muda adalah kekuatan,” jelas Gita.

Asep Saepudin Sayyev |*

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles