30.4 C
Bogor
Saturday, May 25, 2024

Buy now

spot_img

Kontraktor TPT tak akan Lepas Tanggungjawab

Cibinong | Jurnal Inspirasi

Kontraktor proyek pembangunan Tembok Penahan Tebing (TPT) di Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunungputri, berjanji tidak akan lepas tanggungjawab dan siap memperbaiki TPT yang ambrol.

“Kami tidak kabur atau lepas tanggungjawab, tapi kami masih menunggu arahan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), soal penyebab ambrolnya TPT itu,” kata Koordinator Teknis CV. Karya Cipta Mandiri, Rendy, dalam keterangan tertulisnya kepada Jurnal Bogor, Kamis (12/03).

Rendy mengungkapkan, ambrolnya TPT, sebenarnya bukan faktor kesalahan kontruksi, tapi lebih mengarah pada kondisi alam. “Namun, untuk lebih fairnya, saat ini kami menunggu assement hasil kajian dari tim konsultan pengawas serta dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR),” ujarnya.

Ketika disinggung hutang material pada levaransir atau penyuplai, Rendy menjelaskan, masalah tersebut bukanlah tanggungjawab kontraktor, karena saat proyek sudah selesai, semua urusan termasuk pembayaran material pada pihak ketiga menjadi tanggungjawab pelaksana proyek.

“Kami (CV. Karya Cipta Mandiri-red) sudah membayar semua urusan proyek, mulai tenaga kerja sampai bahan material kepada pelaksana. Jadi, ketika masih ada sangkut paut itu menjadi tanggungjawab pelaksana,” katanya.

Bahkan kata Rendy, informasi yang didapatkannya, pelaksana akan melunasi hutang materialnya, ketiga tagihan luncuran proyek cair. “Kalau tak salah antara pelaksana dan levaransir sudah ada perjanjiannya,” tutup Rendy. Sebagai informasi, TPT di Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunungputri, ambrol pada awal tahun 2020 ini. Proyek tersebut anggarannya bersumber dari APBD 2019. 

Mochamad Yusuf

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles