27.2 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Dinkes Pantau 20 Warga yang Pulang dari Luar Negeri

Bogor | Jurnal Inspirasi

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor telah melakukan pemantauan terhadap 20 warga Kota Hujan yang baru saja pulang dari luar negeri, terkait maraknya virus Covid-19 atau Corona. Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Sri Nowo Retno mengatakan, dari 20 warga yang dipantau, 17 orang dinyatakan negatif dan tiga lainnya masih terus dipantau.

“Semua data tersebut adalah kasus ODP (Orang Dalam Pemantauan) di Kota Bogor hingga 10 Maret 2020. ODP dilakukan apabila ada riwayat bepergian dari negara terjangkit dalam rentang waktu 14 hari sejak kedatangan di Indonesia,”  ujarnya kepada wartawan di Paseban Sri Baduga, Balaikota Bogor, Kamis (12/3).

Pemantauan dilakulan untuk mengetahui apakah orang tersebut menderita batuk, pilek, panas atau sesak. Apabila selama dipantau timbul gejala itu, maka orang tersebut bisa diperiksa dan dirujuk ke RS. “Bisa saja ODP tidak ada gejala  selama pemantauan 14 hr artinya   orang sehat . Ini bentuk kewaspadaan dini kita dlm pencegahan Covid-19 Ini panduan dr kemenkes,” ucapnya.

Kata dia, semua orang yang baru pulang dari negara yang dinyatakan terjangkit COVID-19, harua dipantau begitu tiba di Indonesia. Nantinya, orang dalam pemantauan akan menjalani masa inkubasi selama 14 hari untuk mengetahui ada tidaknya virus itu.

“Tim dari Puskesmas akan mengimbau agar orang dalam pemantauan itu tidak mengunjungi dulu tempat keramaian seperti mall atau lainnya. Kalau selama masa itu tidak menunjukan gejala sesuai ya artinya negatif COVID-19,” pungkasnya.

Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles