FIFA Kunjungi Pakansari 15 Maret

0
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan ketika melihat kesiapan Stadion Pakansari.

Cibinong | Jurnal Inspirasi  

PASCA peninjauan Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan bersama jajarannya ke Cibinong, untuk melihat kesiapan Stadion Pakansari dan lapangan penunjang sebagai venue Piala Dunia U-20 pada 2021, Selasa (3/3) lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kini degdegan menanti kedatangan Federasi Sepakbola Tertinggi Dunia (FIFA) untuk melakukan tinjauan.

Apalagi, isu penyebaran virus Corona (Covid-19) masih ramai dibincangkan di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Beberapa negara bahkan dicekal untuk tidak didatangi untuk sementara lantaran endemis suspect Corona dan banyak jatuh korban.

Namun, Bupati Bogor Ade Yasin memastikan, setelah PSSI melakukan tinjauan awal pekan ini, FIFA bakal datang ke Indonesia untuk melihat kesiapan stadion-stadion yang jadi venue perhelatan dua tahun sekali itu, termasuk ke Kabupaten Bogor.

“Nggak lah. Even itu kan 2021, mudah-mudahan isunya sudah reda. Selain itu ya saya kira selama ini kan Bogor, Jakarta masih dalam level aman. FIFA nggak ngurungkan niatnya datang ke Indonesia. Insya Allah rencana ke Jakarta itu 10 Maret. Ke Bogor sekitar tanggal 15 Maret. Udah fiks lah itu nggak keganggu Corona,” katanya saat ditemui awak media  selepas rapat persiapan di Pendopo Bupati Cibinong.

Rapat persiapan kedatangan FIFA dengan dinas-dinas terkait itu, sambung dia, merupakan bentuk keseriusan Pemkab Bogor menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia tingkat junior itu. Ia pun mengutarakan hal itu saat PSSI datang ke Stadion Pakansari, awal pekan ini. Maka, perbaikan teknis lapangan hingga fasilitas dan infrastruktur akan dipenuhi. “Kita serius, sangat serius untuk jadi tuan rumah World Cup ini,” tegasnya.

AY, sapaan akrabnya menambahkan, kunjungan akan didahului ke Ibukota Jakarta terlebih dahulu sebelum ke Kabupaten Bogor. Sebab, beberapa pemanngku kebijakan nasional dipastikan bakal melewati serangkaian agenda rapat, termasuk dengan Presiden RI Joko Widodo. “Jadi saat mereka kesini, saya ingin saat mereka tanya, semua harus sudah siap. Termasuk kondisi lapangan, kesiapan lingkungan (Stadion) Pakansari juga. Karena semua lapangan penunjang ada di Pakansari, satu lagi di Stadion Persikabo. Untuk Stadion Pajajaran jadi lapangan latihan nggak jadi karena dianggap kejauhan oleh PSSI,” tukas AY.

Untuk penyambutan kedatangan FIFA, dirinya mengakui bakal ada semacam galadinner di pendopo bupati Bogor, untuk makin meyakinkan kesiapan Bumi Tegar Beriman. Ia juga masih belum memastikan FIFA bakal diwakil Presiden FIFA Gianni Infantino. “Kita belum tahu bisa saja itu, tapi bisa saja diwakili. Intinya kita ingin memperlihatkan kita siap jadi tuan rumah yang baik,” pungkas AY.  

Asep Syahmid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here