33.1 C
Bogor
Tuesday, May 28, 2024

Buy now

spot_img

Kepala BPPSDMP Sebut Penyuluh Harus Jadi Sumber Informasi Petani

Lampung Tengah, Jurnal Inspirasi

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengingatkan penyuluh agar selalu memberikan informasi ke petani mengenai waktu – waktu terbaik menanam komoditas agar petani terhindar dari kerugian akibat harga jatuh saat panen. Hal tersebut disampaikan Dedi menanggapi“ curhat “petani mengenai persoalan harga komoditas saat panen dan kesejahteraan petani dalam teleconference dengan para petani dan penyuluh Seputih Raman, Lampung Tengah, dalam kegiatan Kunjungan Pers BPPSDMP, Kamis (5/3).

Dedi mengatakan, masalah harga tergantung supply dan demand dan itu sudah merupakan hokum ekonomi. Untuk itu penyuluh ditekankan agar menjadi sumber informasi bagi petani. “ Kapan harus menanam jagung, atau padi, daerah mana yang membutuhkan pasokan, ini yang harus terus diinformasikan ke petani, Ini tugas penyuluh menyampaikannya ke petani,” ucapnya.

Ia meminta penyuluh intens mendampingi petani, artinya penyuluh harus bisa mencerna apa yang menjadi keluhan, kebutuhan dan keinginan petani. “Penyuluh harus bisa mengatasi persoalannya petani sehingga pendapatannya meningkat dan terjaga demikian pula produktivitasnya, “ tegasnya.

Iapun menjelaskan semua program Kementerian Pertanian (Kementan) adalah untuk meningkatkan kesejahteraan petani, baik secara langsung maupun tidak langsung. “ Yang langsung seperti bantuan benih, pupuk bersubsidi, perbaikan jaringan irigasi yang bekerjasama dengan Distan Kab/kota dan provinsi, meningkatkan sarana dan prasarana, semua untuk petani, “ jelasnya.

Dedi mengungkap melalui program Kostratan, Kementan juga membangun atau memperbaiki kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), memberikan pelatihan kepada penyuluh dengan maksud untuk memperbaiki pengetahuan dan kemampuan penyuluh. “ Itu memang tidak langsung, tapi melalui penyuluh kemudian penyuluh mendampingi petani, “ ungkapnya.

Kata DedipetaniharusmemahamibahwaKementanbekerjasamadengandinas, kecamatan dan seluruh insane pertanian di kabupaten dan kota untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Untuk itu Dedi mengatakan, baikCamat maupun Kadis bisa menyampaikan aspirasi petani ke Kementan dengan mengikuti mekanisme yang ada.

RG/PPMKP

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles