25.6 C
Bogor
Friday, June 14, 2024

Buy now

spot_img

Penyusunan Rencana Pembangunan Kini Berbasis Elektronik

Cibinong, Jurnal Inspirasi

Program pembangunan yang disusun setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk tahun anggaran 2021 mendatang, tak bisa lagi sembarangan dan asal, program yang akan dikerjakan harus di setiap OPD harus nyambung atau berkaitan satu sama lainnya.

“Penyusunan program pembangunan untuk tahun 2021 sudah berbasis elektronik, di mana dengan sistem ini, setiap usulan program dari masing-masing OPD akan terlihat, jika tujuan programnya tak jelas otomatis akan dihapus,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kardenal, Selasa (03/03).

Kardenal mengatakan, untuk suksesnya penerapan program pembangunan berbasis elektronik, Diskominfo menginisiasi penandatangan kerja sama dengan seluruh OPD di lingkup Pemerintahan Kabupaten Bogor.

“Penandatangan kerja sama bagian dari penajaman, karena sebelumnya semua OPD sudah disosialisasikan tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik,” ujarnya.

Kardenal menegaskan, penyelenggaraan pembangunan berbasis elektronik merupakan intruksi dari pemerintah pusat yang dituangkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 45 tahun 2017. “Konsekuensi dari PP tersebut semua daerah berkewajiban menerapkan penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektonik, sehingga akan mempermudah pemerintah pusat melihat program pembangunan apa saja yang dilaksanakan di setiap daerah,” katanya.

 Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bogorastra Winara mendukung terwujudnya sistem penyelenggaraan pemerintah berbasis elektronik di Kabupaten Bogor. Apalagi di era industri 4.0, di mana teknologi Informatika ujung tombak dalam mensukseskan pembangunan.

“Saya berharap melalui kegiatan ini bisa mendorong terwujudnya Kabupaten Bogor maju, nyaman dan berkeadaban melalui realisasi program Pancakarsa,” ujarnya.

Kepala Bidang E-Government Diskominfo Jawa Barat, Dian Istanti menjelaskan, selain penerapan sistem penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengintruksikan setiap daerah, agar menyediakan jaringan internet di semua ruang-ruang publik.

“Jaringan wifi di ruang-ruang publik di beberapa daerah di Jawa Barat sudah dimulai. Nah yang belum, kami minta 2021 segera direalisasikan, karena ini intruksi dari Kemenkominfo,” tegasnya menutupi.

Mochamad Yusuf

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles