33.1 C
Bogor
Tuesday, May 28, 2024

Buy now

spot_img

Jangan Anggap Enteng Soal Virus Corona

Megamendung, Jurnal Inspirasi

Penyebaran Virus Corona saat ini sudah menjadi persoalan global dan bukan lagi persoalan nasional, terlebih bagi regional daerah, sehingga masyarakat harus berhati – hati dan tidak menjadikannya sebagai sesuatu yang dianggap enteng. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon, usai meresmikan Mushola Nurul Fadli di SMPN 1 Megamendung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Selasa (3/3).

“Kita tidak boleh menganggap enteng, tapi kita juga tidak boleh terlalu panik. Yang paling penting setiap warga masyarakat harus dapat menjaga diri masing – masing. Misalnya sering mencuci tangan dengan disinpektan serta memakai masker, sebab penyebaran virus corona ini bisa lebih cepat,” ujarnya.

Selain mendorong pemerintah untuk melakukan penanganan terhadap penyebaran virus corona, anggota DPR RI itu juga mempertanyakan mengenai apa yang menjadi rencana protokol dan kesiapan mitigasi.

“Saya ini salah satu yang mendorong pemerintah untuk segera melakukan penanganan cepat, agar jika ada yang terkena virus corona bisa segera di isolasi, sehingga tidak menyebar ke yang lainnya,” jelas Fadli.

Tidak hanya itu, anggota Komisi I DPR Fraksi Gerindra ini juga mengungkapkan, seharusnya pemerintah bergerak cepat dalam menutup jalur penerbangan sementara dari dan menuju ke China untuk sementara. Sebab, di negara – negara lain melakukan hal sama.

“Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona, apalagi selama ini yang menjadi sorotan kan negara RRC. Namun demikian, jika kita punya mekanisme alat pendeteksi lengkap dari airport dan diperketat keamanannya tidak perlu khawatir,” terangnya.

Terkait larangan ibadah umroh sementara bagi warga dunia yang dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi, kata Fadli harus dapat dipahami bersama. Mengingat apa yang dilakukannya itu bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona.

 “Pemerintah Arab Saudi mengikuti perkembangan, jadi kebijakan penghentian ibadah umroh harus bisa dipahami, dan itu sifatnya kan hanya sementara sebagai dari upaya antisipasi maraknya penyebaran virus corona, tinggal bagaimana dan sampai kapan kebijakannya itu berlaku,” tukasnya.

Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles